3 Fakta Giring Jadi Wakil Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Selasa, 22 Oktober 2024 - 10:52 WIB

2. Jadi Relawan Pilkada Awal Langkahnya di Politik

Sebelum terjun ke dunia politik, Giring terkenal sebagai vokalis band Nidji. Ia juga memiliki pengalaman terlibat dalam beberapa proyek film Indonesia.

Saat namanya masih berkibar sebagai aktor dan musisi, tiba-tiba Giring memutuskan untuk keluar dari Nidji pada 2017 dengan alasan ingin beristirahat dan melanjutkan pendidikan. Tak lama kemudian, ia pun diketahui masuk dunia politik.

Awal terjun ke politik, Giring hanya menjadi relawan Pilkada hingga akhirnya resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Giring pernah maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pileg 2019 dari daerah pemilihan Jawa Barat I, namun gagal melenggang ke Senayan karena partainya tak bisa memenuhi ambas batas suara parlemen.

Dalam perjalanan politiknya, Giring sempat dipercaya menjadi Ketua Umum PSI menggantikan Grance Natalie. Namun, ia kemudian harus merelakan posisinya itu untuk Kaesang Pangarep.





3. Resmi Jadi Wamen Kebudayaan

Kini, nama Giring memang lebih mentereng di dunia politik dengan PSI sebagai kendaraannya. Setelah tak lagi menjabat Ketua Umum PSI, pada September 2023, suami Chintya Riza ini dilantik sebagai Anggota Dewan Pembina PSI, dan posisinya sebagai ketua umum digantikan oleh Kaesang Pangarep.

Puncaknya, Giring dipanggil ke Kertanegara oleh Presiden Prabowo. Ia santer disebut-sebut sebagai salah satu calon anggota kabinet Prabowo-Gibran. Dan benar saja, pada 20 Oktober lalu Giring resmi dinyatakan masuk kabinet dan dilantik pada Senin, 21 Oktober 2024.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More