Penyintas Covid-19 Kesulitan Tidur

Selasa, 27 Oktober 2020 - 02:41 WIB
Rasanya seperti tenggelam, sambungnya. Meski tidak pernah dirawat kembali, Franco mengikuti studi tidur dan mengenakan pulse oximeter. Biasanya kadar oksigen dalam darah Franco 95% tapi terkadang turun ke 80 bahkan 70. Beruntung kondisi Franco semakin lama makin membaik.

Menurut Kryger, gejala long hauler lain yang ia temui pada pasien adalah brain fog (gangguan kemampuan mental yang bisa bersifat sementara maupun berkepanjangan), lemah, lelah, dan mengantuk di siang hari.

Tidak diketahui apakah brain fog ini disebabkan karena adanya kerusakan di sistem syaraf atau lantaran pasien menderita gangguan tidur. Dimana mereka tidur tidak cukup sehingga brain fog apakah merupakan manifestasi dari kondisi mengantuk berat? Jawabannya belum diketahui. (Baca juga: Billy dan Amanda Bakal Klarifikasi di Silet Awards 2020 )

Pasien bisa mendapat treatment oksigen jika kondisi itu yang terjadi. Jika mereka mengalami central sleep apnes, yang membuat otak berhenti sementara mengirimkan sinyal ke otot yang mengatur pernapasan, mesin CPAP yang bisa membuka jalur pernapasan bisa digunakan. Sedangkan pasien yang mengalami ketakutan untuk tidur tapi tidak memiliki masalah kadar oksigen rendah atau tidak memiliki masalah pernapasan, sebaiknya berkonsultasi dengan psikiater.
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More