Tangan Kering Karena Hand Sanitizer? Ini Penjelasan Dokter Kulit

Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:50 WIB
Lebih lanjut menurut Arini, di masa pandemi ini cukup banyak kasus dermatitis kontak iritan (DKI) atau biasa disebut reaksi iritasi kulit. Hal ini akibat pemakaian bahan yang mengandung iodophors. Selain itu Antiseptik lain yang dapat menyebabkan iritasi yakni klorheksidin, chloroxylenol, dan triclosan.



Apabila tangan mengalami iritasi terhadap penggunaan antiseptik, tangani segera. Menurut Arini hal yang bisa dilakkan yakn jangan menggunakan air panas saat mencuci tangan. "Kedua, langsung gunakan hand cream setelahnya. Pilih pelembap yang berbentuk tube, bukan pot, untuk mengurangi risiko kontaminasi," papar Arini.

Kemudian, keringkan dengan angin. Bisa juga dengan menggunakan handuk atau tissu lembut. “Caranya, tangan ditepuk-tepuk atau tidak di gosok dan tidak menggunakan produk yang kasar,” ujar Arini.



Selain itu, Arini menyarankan untuk memilih antiseptik berbasis alkohol yang mengandung pelembap. “Studi juga mengatakan bahwa reaksi efek samping penggunaan antiseptik lebih rendah bila diberikan emollient (pelembap) di dalamnya,” terang. Arini.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More