10 Kebiasaan yang Bisa Sabotase Kesehatan Anda

Selasa, 26 Januari 2021 - 20:55 WIB
4. Banyak Habiskan Waktu Browsing Media Sosial

Entah browsing Facebook, Pinterest, atau media sosial lain, yang jelas kebiasaan ini merugikan kesehatan mental. Ironisnya, studi menemukan bahwa media sosial, platform yang sengaja dibuat untuk menghubungkan orang, justru membuat penggunanya merasa terisolasi. Semakin banyak waktu dihabiskan untuk mengunjungi situs media sosial, semakin merasa penggunanya terisolasi.

Isolasi sosial ini berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik. Melihat foto liburan teman atau mobil barunya lewat media sosial, bisa membuat perasaan iri. Penelitian membuktikan rasa iri meningkatkan risiko depresi. Studi juga menunjukkan, waktu yang dihabiskan pada media sosial menurunkan mood seseorang. Alihkan energi Anda dengan berinteraksi langsung dengan orang lain.

5. Begadang

Penelitian menunjukkan, waktu tidur sangatlah berharga. Begadang dan menunda waktu tidur hingga pagi hari, meningkatkan risiko kesehatan. Memang tampaknya bagi sebagian orang tidur dan bangun di waktu yang terjadwal agak sulit. Tapi seiring waktu hal ini menjadi terbiasa.

6. Menghabiskan Uang

Sekilas, belanja impulsif membuat Anda merasa lebih baik untuk sementara waktu. Padahal kenyatannya, pengeluaran berlebihan daripada pendapatan dapat membuat efek jangka panjang. Studi yang dipublikasikan di Clinical Psychology Review menemukan korelasi antara kesehatan mental dengan masalah keuangan. Peneliti menyimpulkan masalah mental lebih tinggi tiga kali dialami oleh mereka yang terjebak utang. Bahkan risiko tinggi bunuh diri juga mengintai. Orang yang bunuh diri, delapan kali lebih mungkin terjerat utang.

7. Menonton TV

Menonton TV terlalu lama berbahaya bagi otak. Penelitian tahun 2016 yang dipublikasikan di JAMA Psychiatry menemukan, paparan TV yang tinggi dengan rendahnya aktivitas di masa dewasa muda, dihubungkan dengan kehidupan paruh baya yang buruk. Orang yang menonton TV lebih dari tiga jam per hari selama 25 tahun, memiliki tes kognitif yang buruk dibandingkan dengan orang yang kurang menonton TV. Alihkan kebiasaan ini dengan aktivitas fisik yang lebih bermakna.

8. Makan Walau Tidak Lapar
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More