Kiat Tubuh Tetap Bugar saat Menjalankan Ibadah Puasa

Rabu, 21 April 2021 - 00:21 WIB
"Minuman manis walaupun porsi kecil tapi kalorinya tetap tinggi juga, minuman manis yang berlebihan juga berisiko kelebihan asupan kalori harian. Batasi porsinya dengan gunakan gelas kecil, pilih salah satu minuman, dan tidak ada minuman manis saat makan besar," imbuh Aria.

Langkah selanjutnya adalah pastikan konsumsi nutrisi seimbang saat sahur dan buka. Yang perlu dilakukan adalah konsumsi banyak asupan kalori, karbohidrat, protein hingga vitamin.

Menurut Aria, saat berpuasa, tubuh masih membutuhkan nutrisi yang sama seperti tidak berpuasa. Pastikan saat sahur ada protein yang membantu kenyang lebih lama, protein sendiri bisa didapat dari ayam, telur, daging, tempe, tahu dan ikan.

Saat sahur pilih juga makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah, agar ketersediaan energi terjaga seperti buah, sayur, oat, kacang-kacangan atau nasi merah.

Untuk kecukupan cairan saat puasa, selain minum, konsumsi juga buah dan sayuran dengan air banyak seperti jeruk, pir, nanas, pepaya, mentimun.



"Apa yang dilakukan saat buka adalah untuk mengembalikan tenaga, pilih makanan yang mudah dicerna dalam tubuh. Kurma disarankan karena cepat dicerna untuk kembalikan sumber energi, kurma juga mengandung mineral, jika tidak ada kurma bisa buah segar," ungkap Aria.
(nug)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More