Solusi Cegah Kehamilan di Tengah Pandemi COVID-19

Rabu, 22 April 2020 - 17:38 WIB
Berbagai toko online masih menjual kondom serta pil KB, sehingga Anda bisa memesannya tanpa perlu keluar rumah. Jangan lupa untuk menanyakan ketersediaan stok terlebih dulu serta memastikan tanggal kadaluwarsa sebelum membeli. Usahakan untuk hanya bertransaksi melalui gerai-gerai resmi. Jika Anda terpaksa membeli melalui merchant yang bukan merupakan gerai resmi karena keterbatasan stok, pastikan bahwa toko yang Anda pilih memang memiliki reputasi yang baik. Caranya, baca kolom ulasan terlebih dulu.

3. Melakukan Telemedicine dengan Berkonsultasi Secara Online

Salah satu cara yang mudah dilakukan sebelum memutuskan menggunakan kontrasepsi modern pada masa COVID-19 adalah dengan melakukan konsultasi secara online. DKT Indonesia membuka layanan konsultasi online dengan tenaga kesehatan bidan dan dokter. Semua yang Anda sampaikan akan dijamin kerahasiaannya. Selain itu, Anda juga bisa meminta nomor kontak bidan Andalan terdekat yang berada di wilayah tempat tinggal.

4. Memanggil Dokter atau Bidan ke Rumah

Alih-alih mengunjungi rumah sakit atau bidan secara langsung, Anda juga bisa memanggil tenaga medis ke rumah untuk suntik KB. Jadi, Anda tetap bisa mendapatkan pelayanan meskipun tidak boleh ke mana-mana.

5. Gunakan Postpil atau Kontrasepsi Darurat untuk Keadaan Mendesak

Apabila sudah terlanjur melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan alat kontrasepsi, Anda bisa menggunakan postpil atau kontrasepsi darurat paling lama 120 jam atau 5 hari setelah melakukan hubungan seksual. Postpil bisa didapat di apotek terdekat dengan menyertakan resep dokter terlebih dulu.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More