7 Kebiasaan Makan yang Bikin Kolesterol Jahat Naik

Rabu, 12 Januari 2022 - 05:05 WIB
"Orang dewasa, terutama wanita, yang siklus beratnya melalui diet cenderung memiliki profil kolesterol baik dan kolesterol jahat yang lebih buruk menurut data NHANES bila dibandingkan dengan orang dewasa yang tetap stabil berat badannya bahkan pada bobot yang lebih tinggi," kata ahli nutrisi Cara Harbstreet, MS, RD, LD.

3. Makan Daging Berlemak

Sementara daging yang berbeda dapat menjadi sumber protein, vitamin, dan mineral alami, potongan tertentu dapat mengandung sejumlah besar lemak jenuh. "Ketika lemak jenuh dikonsumsi secara berlebihan, ini dapat mempengaruhi kadar kolesterol," jelas ahli nutrisi Jinan Banna, PhD, RD.





4. Makan Terlalu Banyak Gula

Makan terlalu banyak gula tambahan dapat menurunkan kolesterol baik. Mulai dari permen hingga kue bahkan gula yang ditambahkan ke kopi, bahan ini dapat bertambah sepanjang hari dan menyebabkan masalah kesehatan secara menyeluruh. Pilih buah segar jika Anda membutuhkan rasa manis tanpa tambahan gula.

5. Kurang Serat

Kurang konsumsi serat, terutama serat larut dapat membuat penurunan kolesterol menjadi sulit. Di mana serat jenis ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada banyak orang. Pastikan untuk secara teratur memasukkan makanan seperti gandum, barley, apel, kacang-kacangan, biji rami, dan biji chia untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

6. Menghindari Makan Lemak
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More