Makanan Indonesia dengan Kolesterol Tinggi, Jangan Keseringan Dikonsumsi!

Sabtu, 15 Januari 2022 - 19:08 WIB
Meski enak diolah menjadi berbagai macam hidangan, makanan laut seperti ikan, udang, cumi, kerang, tiram, remis, kepiting hingga lobster tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan lantaran mengandung kolesterol tinggi. Cumi mengandung 400 miligram kolesterol per 3 ons porsi.

Selain itu, kerang mengandung kurang dari 100 miligram kolesterol per 3 ons porsi, dan ikan yang lebih kecil memiliki kurang dari 60 miligram kolesterol. Sedangkan, udang mengandung kolesterol lebih tinggi yakni 170 miligram per 3 ons porsi.

5. Soto



Soto merupakan makanan berkuah yang nikmat dikonsumsi kapan saja. Namun sayang, soto merupakan salah satu makanan Indonesia yang bisa menyebabkan kolesterol naik. Pasalnya, daging atau jeroan yang diguanakan pada isian soto bisa memicu kolesterol melonjak. Daging sapi misalnya, dalam 100 gram porsi mengandung lemak total 14 gram dan kolesterol 70 miligram.

6. Bakso



Makanan Indonesia yang mengandung kolesterol tinggi terakhir adalah bakso. Bakso terbuat dari daging sapi yang mana 100 gram porsi mengandung lemak total 14 gram dan kolesterol 70 miligram. National Heart Foundation of Australia menyarankan membatasi konsumsi daging merah maksimal satu sampai tiga kali seminggu. Selain itu, satu porsi daging merah disarankan tidak lebih dari 56-85 gram.

(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More