Demam dan Sakit Tenggorokan Tapi Hasil Tes Covid-19 Negatif, Pakar Penyakit Menular Sarankan Ini

Minggu, 06 Februari 2022 - 17:36 WIB
Demam dan sakit tenggorokan tapi hasil tes Covid-19 negatif, Pakar penyakit menular dari University of Maryland, Amerika Serikat dr. Faheem Younus menyarankan untuk tes PCR dalam 24-48 jam. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
JAKARTA - Demam dan sakit tenggorokan masuk ke dalam gejala Covid-19. Hal ini membuat orang yang mengalami gejala-gejala tersebut menjadi khawatir dan bertanya-tanya, apakah itu artinya mereka terinfeksi Covid-19?

Terlebih, saat ini angka positif Covid-19 terus meningkat seiring dengan adanya varian Omicron yang lebih cepat menular daripada varian lainnya. Indonesia sendiri mengalami lonjakan kasus dalam beberapa hari terakhir.

Per Sabtu (5/2/2022), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan ada penambahan 33.729 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi. Di hari sebelumnya, Jumat (4/2/2022), ada penambahan sebanyak 32.211 kasus positif.

Namun, dalam beberapa kasus, ada orang yang mengalami demam dan sakit tenggorokan, namun saat dites Covid-19, hasilnya negatif. Jika mengalami kondisi tersebut, apa yang perlu dilakukan?





Pakar penyakit menular dari University of Maryland, Amerika Serikat Dr Faheem Younus membagikan tipsnya. Lewat media sosial Twitter-nya, dia kembali menuliskan cuitan edukasi menggunakan bahasa Indonesia.

“Demam sakit tenggorokan tapi rapid test negatif. Apa selanjutnya? Anda kemungkinan Covid,” kata dr Faheem Younus dikutip dari Twitter-nya, Minggu (6/2/2022).

Dia menyarankan untuk kembali melakukan tes PCR dalam 24-48 jam. “Ulangi pengujian dalam 24-48 jam, dapatkan PCR, isolasi selama 5-10 hari. Jangan hanya percaya satu tes cepat negatif,” tulisnya.
(hri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More