Mengerikan, Mata Pria Ini Dipenuhi Lusinan Belatung usai Berkebun

Sabtu, 16 April 2022 - 21:10 WIB


Sementara lalat mengincar hidung, dalam beberapa kasus, larva dapat secara tidak sengaja masuk ke rongga mata hewan. Jarang, larva lalat bot domba dapat masuk ke rongga mata manusia, seperti yang terjadi pada pria 53 tahun tersebut.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal BMC Ophthalmology menemukan bahwa oestrus ovis yang menginfeksi manusia adalah peristiwa yang langka, dengan hanya 295 kasus yang dilaporkan di seluruh dunia antara 1918 dan 2017.

Ketika larva ditemukan di dalam dan di sekitar bola mata manusia, dokter menyebut infeksi ini ophthalmomyiasis. Larva, yang memiliki kait di mulutnya dan struktur kecil seperti paku yang disebut spikula di tubuh mereka, dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi pada mata.

Ini biasanya diobati dengan memberikan anestesi lokal dan mengeluarkan larva. Pasien juga sering diberikan antibiotik atau obat tetes antiseptik setelah larva dikeluarkan. Dalam kasus pria berusia 53 tahun itu, dokter merawatnya dengan antibiotik topikal dan 10 hari kemudian gejalanya telah hilang.



Pasien dengan oftalmomiasis biasanya menemukan bahwa gejala mereka membaik dengan cepat setelah larva dikeluarkan. Tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, larva dapat menggali ke dalam struktur bagian dalam bola mata. Hal ini dapat mengakibatkan kebutaan.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More