9 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Nomor 6 Gampang dan Menyenangkan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:26 WIB
Tidak jauh berbeda saat masih muda, berenang di usia 40 juga bisa dilakukan sekitar 30 menit. Hanya saja, gerakannya yang lebih ringan. Pengidap masalah sendi pun aman untuk melakukannya.

8. Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga yang bagus untuk umur 40 ke atas. Kegiatan ini juga sangat menyenangkan dan bisa dilakukan bersama-sama!

Hal yang terpenting, jangan terlalu memaksakan diri saat menggowes. Ketahui seberapa jauh kemampuan fisik.

Bagi pemula, bersepedalah dalam jarak dekat dan jalanan yang datar terlebih dahulu sekitar 15-20 menit. Jika sudah terbiasa, baru bisa dinaikkan durasinya perlahan-lahan.

Baca Juga: Berapa Kali Sebaiknya Berolahraga dalam Seminggu?
9. Latihan dengan Dumbell

Dumbell adalah alat bantu olahraga yang ekonomis dan mudah didapat. Berbagai variasi gerakan bisa dilakukan dengan dumbell, terutama untuk melatih otot tangan.

Strength training ringan bermanfaat untuk menjaga massa otot yang mulai menurun seiring pertambahan usia. Lakukan minimal 20 menit sebanyak 2 kali seminggu, lalu bisa ditambah waktunya sesuai kemampuan.

Itulah beberapa olahraga untuk usia 40 tahun ke atas. Sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum melakukannya guna menghindari efek buruk di masa mendatang.
Halaman :