9 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes, Wajib Dicoba!

Selasa, 25 Oktober 2022 - 17:38 WIB


5. Telur



Foto/Health Line

Konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung dalam beberapa cara. Telur dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan mengubah ukuran dan bentuk kolesterol jahat.

6. Greek Yogurt



Foto/Medical News Today

Studi menunjukkan yogurt dan makanan susu lainnya dapat menyebabkan penurunan berat badan dan peningkatan komposisi tubuh pada penderita diabetes tipe 2.

Tingginya kadar kalsium, protein, dan jenis lemak khusus yang disebut asam linoleat terkonjugasi (CLA) dalam yogurt dapat membuat kenyang lebih lama. Terlebih lagi, yogurt jenis ini hanya mengandung 6-8 gram karbohidrat per porsi, yang lebih rendah dari yogurt konvensional.

7. Minyak Zaitun



Foto/Medical News Today

Minyak zaitun mengandung asam oleat, sejenis lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan manajemen glikemik, mengurangi kadar trigliserida puasa, dan memiliki sifat antioksidan.

Hal ini penting karena penderita diabetes cenderung kesulitan mengatur kadar gula darah dan memiliki kadar trigliserida yang tinggi. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol.

8. Bawang Putih



Foto/Medical News Today

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih berkontribusi pada peningkatan glukosa darah yang terkontrol dan dapat membantu mengatur kolesterol.

9. Chia Seed



Foto/Delish

Chia seed mengandung tinggi serat, namun rendah karbohidrat yang dapat dicerna. Serat kental dalam chia seed dapat menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat laju makanan bergerak melalui usus dan diserap.

Chia seed dapat membantu mencapai berat badan sedang, karena serat mengurangi rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang. Biji chia juga dapat membantu menjaga manajemen glikemik pada penderita diabetes.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More