10 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Senin, 28 November 2022 - 06:00 WIB
Tetapi minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah hingga beberapa poin. Itu juga dapat mengurangi efektivitas obat tekanan darah.





6. Berhenti Merokok


Merokok meningkatkan tekanan darah. Berhenti merokok membantu menurunkan tekanan darah. Cara ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, yang mungkin mengarah pada umur yang lebih panjang.

7. Tidur Nyenyak

Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan hipertensi. Sejumlah masalah dapat mengganggu tidur, termasuk sleep apnea, sindrom kaki gelisah, dan sulit tidur secara umum (insomnia). Menemukan dan mengobati penyebabnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

8. Kurangi Stres

Stres emosional jangka panjang atau kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek teknik pengurangan stres untuk mengetahui apakah teknik tersebut dapat menurunkan tekanan darah.

Namun, tidak ada salahnya untuk menentukan penyebab stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan atau penyakit, dan mencari cara untuk mengurangi stres.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More