Bukan Hanya Diet, Ini Beragam Manfaat Puasa buat Kesehatan Tubuh

Senin, 23 Januari 2023 - 12:57 WIB
loading...
A A A
3. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa riset menunjukkan bahwa seseorang yang berpuasa selama sekitar 1 bulan terbukti memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut didapatkan ketika orang-orang yang berpuasa mengatur pola makannya menjadi lebih sehat, termasuk dengan mengurangi makanan tinggi lemak.

Mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan flavonoid, seperti teh diyakini dapat mencegah naiknya kadar lemak darah (kolesterol), menurunkan risiko terjadinya diabetes, bahkan melancarkan peredaran darah.

4. Menginduksi Berbagai Proses Perbaikan Sel

Saat berpuasa, sel-sel dalam tubuh memulai proses "pembuangan limbah" seluler yang disebut autophagy.

Proses tersebut melibatkan sel-sel yang rusak dan memetabolisme protein yang rusak dan tidak berfungsi yang menumpuk di dalam sel seiring waktu.

Peningkatan autophagy dapat memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit, termasuk kanker dan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit alzheimer.

5. Mencegah Kanker

Kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Puasa telah terbukti memiliki beberapa efek menguntungkan pada metabolisme yang dapat menurunkan risiko kanker.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3056 seconds (0.1#10.140)