Bangun Hubungan Emosional Anak dengan Makanan Melalui Mindful Eating

Jum'at, 10 Februari 2023 - 20:08 WIB
loading...
A A A
1. Biasakan Bicarakan tentang Makanan yang Tersaji

Ketika selesai makan, ajaklah buah hati berbicara tentang makanan yang dihabiskan. Mulai dari rasa, tekstur, warna, sampai aroma. Kebiasaan ini akan membuat anak belajar menikmati makanan dengan detail, sehingga mencegahnya terdistraksi dengan kegiatan lain.

2. Sajikan Makanan Semenarik Mungkin

Memasak memang seni, termasuk juga menyajikan makanan di atas piring. Cobalah para ibu berkreasi menyajikan makanan semenarik mungkin, sehingga menarik perhatian buah hati. Secara tak sadar, dia akan banyak bertanya tentang makanan yang dihidangkan di depannya.

3. Mengunyah secara Perlahan

Hal yang tak kalah penting yang perlu diajarkan adalah proses mengunyah. Ajari anak mengunyah dengan perlahan. Biarkan makanan diproses di mulut dan menilai kenikmatan makanan secara menyeluruh.

"Kegiatan mindful eating ini tentunya menjadi sarana bagi Ibu dalam memberikan edukasi tentang makanan yang dikonsumsi anak. Misal ketika menikmati camilan seperti Milkita lollipop, ibu bisa mulai menceritakan kandungan yang terdapat dalam sebuah permen susu," ujar Marketing Communication Manager Unifam, Anastasia A. dalam siaran persnya, Jumat (10/2/2023).

"Kegiatan seperti ini selain memberikan pemahaman mengenai makanan, juga dapat menjadi momen Ibu dan Anak untuk berkomunikasi secara interaktif dan nyaman bagi keduanya," lanjut dia.

Baca juga: Apakah Childfree Bisa Membuat Awet Muda seperti Kata Gitasav?

Menurut Anastasia, pihaknya juga memberikan ruang lebih bagi hubungan Ibu dan Anak sebagai teman berbagi cerita yang nyaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)