Mencegah Stunting dengan Pemberian MPASI yang Tepat

Jum'at, 17 Februari 2023 - 14:45 WIB
loading...
A A A
"Kemudian MPASI juga harus aman, kebersihan makanan dan peralatan diperhatikan, juga cuci tangan sebelum menyuapi anak. Cara pemberiannya juga harus teratur, pagi, siang, sore atau menjelang malam, durasi maksimal 30 minimal 30 menit, tidak terganggu gadget, dan bila memungkinkan anak mulai diajari makan sendiri," jelas Dini, yang sudah 5 tahun menggeluti usaha katering MPASI.

MPASI, lanjut dini, juga harus menyesuikan dengan usia anak. Bagi bayi usia 6-8 bulan, diberikan 2-3 sendok makan bertahap hingga ½ mangkok 250 ml (125 ml) untuk sekali makan. Dalam sehari bisa diberikan 2-3 kali makan dan 1-2 kali selingan. Makanan yang dibuat disaring, sehingga menghasilkan tekstur lumat dan kental.

Pemberian MPASI di tingkat ketika bayi memasuki usia 9-11 bulan. Paling tidak ½-¾ mangkok 250 mL (125-200 ml) dalam sekali makan. Dalam sehari 3-4 kali makan dan diberikan selingan 1-2 kali. Pada usia ini makanan tidak perlu disaring tapi cukup dicincang atau dipotong kecil-kecil.

"Untuk anak usia 12-23 bulan, diberikan 3/4-1 mangkok ukuran 250 mL, 3-4 kali makan sehari plus 1-2 kali selingan. Bahan makanan sama untuk orang dewasa. Tekstur diiris-iris," kata dia.

Dalam kesempatan ini, Dini juga membagikan pengalaman kali pertama merintis usaha katering MPASI. Mulanya dia hanya berniat membuat MPASI untuk anak keduanya. Di saat bersamaan, ada teman dekat yang juga sama-sama memiliki bayi ingin memberikan MPASI tapi tidak bisa membuatnya. Teman itu kemudian meminta tolong untuk sekalian dibuatkan.

"Padahal awalnya saya nggak berniat apa-apa. Boro-boro untuk mencari keuntungan, saat itu saya hanya ingin membantu. Eh ternyata bayi teman saya saat itu sangat suka dengan masakan bikininan saya. Dari situlah kemudian saya merintis usaha ini," tutur ibu dua anak ini.

BAca juga: Bayi 1 Tahun dengan Berat 25 Kg Tergolong Obesitas, Segini Berat Badan Seharusnya

Dari awalnya hanya informasi mulut ke mulut, katering MPASI MOMPASI akhirnya berkembang pesat. Tidak hanya di Bandung, produk-produknya kini juga hadir di Jabodetabek. Menariknya, sebelum memulai katering, para bunda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi MOMPASI, sehingga menu yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)