Waspada! Pasangan Tak Setia Picu Terkena HIV

Kamis, 03 Desember 2015 - 14:25 WIB
Waspada! Pasangan Tak Setia Picu Terkena HIV
Waspada! Pasangan Tak Setia Picu Terkena HIV
A A A
JAKARTA - Waspadalah bagi Anda yang memiliki pasangan tak setia. Pasalnya, hal tersebut menyebabkan Anda berisiko terkena HIV. Bahkan, sebuah data mengungkapkan, penderita HIV wanita meningkat karena ketidaksetiaan pasangannya.

Kementerian Kesehatan mencatat, tahun 2012 terdapat sekitar 6,7 juta pria yang membeli seks dan mengakibatkan 4,9 juta perempuan menikah dengan pria penderita HIV.

"Di Indonesia seiring makin tinggi pertumbuhan ekonomi, semakin banyak jumlah mobile man with money (3M) yang menjadi high risk man. Laki-laki yang sering bepergian dengan memiliki daya beli yang tinggi sangat rentan terhadap seks aman dan mengonsumsi narkoba dengan jarum suntik," papar Executive Director Indonesian Business Coalition on Aids (IBCA), Ramdani Sirait di Jakarta.

Dijelaskan Ramdani, HIV bisa diatasi. Namun sayang, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya dan tingginya ketidaksetiaan pasangan. "Ketidaksetiaan ini memprihatinkan karena ketika pendapatan meningkat, gaya hidup seseorang juga berubah," jelasnya.

Seperti diketahui, kasus HIV di Indonesia hingga Desember 2014 mencapai 160.138. Selain itu, pada tahun 2015, 9 ribu ibu rumah tangga diketahui mengidap HIV. Ibu rumah tangga juga menempati posisi tertinggi kedua penderita AIDS dengan jumlah 1.044 pada tahun 2014.

Ramdani mengungkapkan, ibu rumah tangga seharusnya menjadi profesi yang berisiko rendah terkena HIV. Namun, karena memiliki pasangan berisiko tinggi terkena HIV, mereka pun menjadi penderita HIV positif.

"Perempuan lebih beresiko tertular karena mereka menerima cairan (sperma) sehingga jika selama berhubungan ada luka maka bisa tertular pasangannya yang sudah positif HIV," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8433 seconds (0.1#10.140)