5 Keindahan Wisata Air Terjun di Riau

Jum'at, 15 Januari 2016 - 01:25 WIB
5 Keindahan Wisata Air Terjun di Riau
5 Keindahan Wisata Air Terjun di Riau
A A A
RIAU - Indonesia memang banyak memiliki pesona alam. Seperti di Riau yang memiliki pesona air terjun nan indah.

Apalagi Riau juga menyimpan berbagai khasanah warisan budaya dan pulau-pulau lainnya. Serta keindahan air terjun selain kekayaan di flora maupun fauna.

Terlebih banyak wisatawan mancanegara yang sering berkunjung ke tempat wisata ini. Mengutip dari Buku Pesona Pariwisata Nusantara, berikut lima air terjun andalan wisata di Riau:

1. Air Terjun Aek Martua
Air terjun bertingkat-tingkat ini (foto atas) sering pula disebut air terjun tangga seribu. Ditempat ini terdapat kuburan pertapa Cipogas. Air Terjun Aek Martua belokasi di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Air terjun bertingkat ini sering pula disebut air terjun tangga seribu. Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan. Nama Aek Martua diambil bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertua. Aek Martua juga merupakan nama sungai di mana air terjun ini berada.

Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan jarak beberapa puluh meter saja. Ketinggiannya bervariasi mulai dengan ketinggian 15 meter sampai yang tertinggi 35 meter. Air terjun pertama memiliki hamparan batu yang cukup luas untuk bermain air, sedangkan air terjun kedua memiliki kolam.

2. Air Terjun Guruh Gemurai Riau. (bp.blogspot.com)

2. Air Terjun Guruh Gemurai
Nama Guruh Gemurai berarti air terjun yang bunyi percikannya bergemuruh. Lokasi air terjun ditumbuhi pepohonan sehingga cocok bagi wisatawan yang menginginkan ketenangan.

3. Air Terjun Tembulan Rusa Riau. (bp.blogspot.com)

3. Air Terjun Tembulan Rusa
Air terjun dengan ketinggian 18 meter dan kedalamannya mencapai 1,5 meter, sehingga bisa untuk berenang atau menyelam di lokasi ini. Wisatawan yang berani bisa ke atas air terjun dengan menaiki bebatuan yang menyerupai tangga dan meloncat ke arah kolam.

4. Air Terjun Alahan Riau. (bp.blogspot.com)

4. Air Terjun Alahan
Keadaan Sungai Kampar yang memiliki banyak jeram dan air terjun ini bisa dinikmati dan diarungi menggunakan perahu karet. Kawasan ini masih alami dengan flora dan fauna yang khas.

5. Air Terjun Merangin
Obyek wisata yang memiliki keindahan alam berupa air terjun dan kawasan hutan yang masih asli dengan flora yang sangat khas. Wisatawan juga bisa berpetualang dengan menelusuri hutan sambil menikmati kesegaran dan ketenangan serta keindahan alam di sekitar hutan tersebut.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5041 seconds (0.1#10.140)