Mari Cegah Diabetes dengan Aktivitas Fisik 150 Menit per Minggu

Minggu, 24 April 2016 - 16:01 WIB
Mari Cegah Diabetes dengan Aktivitas Fisik 150 Menit per Minggu
Mari Cegah Diabetes dengan Aktivitas Fisik 150 Menit per Minggu
A A A
JAKARTA - Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospital ASRI, dr. Mulyani Anny Suryani Gultom Sp.PD menjelaskan, menerapkan pola hidup sehat sejak dini bisa mencegah terserang diabetes.

Cara ini pun dinilai menjadi cara terbaik agar terhindar dari berbagai macam penyakit kronis, termasuk diabetes.

"Salah satunya, dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, serta membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak. Faktanya, konsumsi gula berlebih mampu meningkatkan risiko penyakit diabetes," papar dr. Mulyani saat ditemui Sindonews dalam acara Senam Sehat Tropicana Slim di Gelanggang Olahraga Ragunan, Jakarta, Minggu (17/4/2016).

Seperti diketahui, pola hidup sedenter yang ditandai dengan rendahnya aktivitas fisik, menyebabkan risiko obesitas dan diabetes dua kali lipat.

Menurut World Health Organization (WHO) pola hidup ini telah diterapkan 60-85 persen masyarakat di dunia, baik di negara maju dan berkembang.

Oleh karena itu, ditengah kesibukan, dr. Mulyani menekankan orang dewasa untuk beraktivitas fisik selama minimal 150 menit per minggu dengan aktivitas sedang.

"Saya percaya bahwa pola hidup sehat dapat dijalankan dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan memilih aktivitas olahraga yang sesuai dengan kemampuan, seperti senam, naik turun tangga, jalan cepat, hingga menari," pungkasnya.

Selain itu, sebuah penelitian juga menyebutkan, bahwa rutin melakukan jalan cepat 30 menit per hari dapat menurunkan risiko diabetes hingga 25 persen.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5218 seconds (0.1#10.140)