Kopi Kenangan Ajak Pelanggan Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis

Rabu, 29 April 2020 - 12:31 WIB
loading...
Kopi Kenangan Ajak Pelanggan Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis
Kopi Kenangan melalui gerakan sosial #LindungiPahlawanKenangan menggandeng pelanggan dan masyarakat untuk menggalang kebutuhan paket APD. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Di tengah merebaknya wabah COVID-19, para tenaga medis tak henti berjuang melawan pandemi ini. Bahkan, sejumlah dokter berguguran demi menyelamatkan pasien yang terinfeksi virus tersebut. Kopi Kenangan pun tergerak untuk mengajak pelanggannya turut mendistribusikan paket alat pelindung diri (APD) lima kali lebih banyak dari yang disiapkan semula.

Berawal dari keprihatinan atas minimnya ketersediaan APD, Kopi Kenangan melalui gerakan sosial #LindungiPahlawanKenangan menggandeng pelanggan dan masyarakat untuk menggalang kebutuhan paket APD. Lewat gerakan ini, Kopi Kenangan ingin memberi kesempatan serta akses kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi melawan COVID-19. Hanya dengan me-repost satu unggahan Kopi Kenangan di Instagram @kopikenangan.id, masyarakat bisa ikut menambahkan sumbangan 1 hazmat suit.

Melalui gerakan ini, Kopi Kenangan berhasil mengumpulkan 4.874 unggahan dalam tiga hari. Kopi Kenangan kemudian menggenapkan 4.874 unggahan tersebut menjadi 5.000 paket APD untuk didistribusikan ke rumah sakit yang membutuhkan.

“Kami berusaha memenuhi kekurangan kebutuhan APD para tenaga medis. Kita tidak ingin garda kesehatan terdepan terkena risiko buruk karena APD tidak mencukupi. Awalnya, kami menyiapkan 1.000 paket APD untuk disalurkan. Berkat simpati dan solidaritas dari masyarakat, jumlah APD yang didistribusikan menjadi lima kali lipat,” tutur CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata.

Untuk mendistribusikan paket APD ini, Kopi Kenangan bekerja sama dengan WeCare, organisasi yang fokus memberikan bantuan kesehatan, terutama untuk wilayah-wilayah yang sulit dijangkau. WeCare bakal menyalurkan bantuan paket APD dari Kopi Kenangan ke lebih dari 500 fasilitas kesehatan di Jabodetabek, Manokwari, Manado, Aceh, NTB, dan berbagai daerah lain di Indonesia.

Paket APD yang didistribusikan terdiri atas 5.000 hazmat suit, 1.500 masker N95, 1.000 safety goggle, 1.000 safety boots, 1.000 glove, dan 1.000 masker kepala.

Selain bantuan di atas, Kopi Kenangan juga memberikan donasi senilai Rp500 juta kepada INSEAD yang bekerjasama dengan Yayasan Dokter Peduli doctorSHARE. Nantinya, donasi ini akan disalurkan dalam bentuk paket APD, khusus untuk rumah-rumah sakit yang berada di luar Jakarta.

“Sikap gotong-royong masyarakat Indonesia di masa pandemi COVID-19 benar-benar perlu diapresiasi. Melihat perjuangan tenaga medis yang bekerja siang dan malam dengan APD yang semakin menipis setiap hari, WeCare.id tergerak untuk melakukan pengadaan APD. Kami sangat berterima kasih kepada Kopi Kenangan dan seluruh masyarakat yang telah mendukung usaha kami dengan gerakan ini sehingga berhasil mendonasikan 5.000 APD untuk fasilitas kesehatan," ujar Communication & Digital Marketing Manager WeCare.id Sarah Ervinda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)