Asam Amino dalam Bumbu Umami Dapat Bantu Lansia Tingkatkan Kualitas Hidup

Minggu, 18 Juni 2023 - 05:35 WIB
loading...
A A A
Pada kesempatan yang sama, Plt. Direktur Kesehatan Usia Produktif & Lansia Kemenkes dr Nida Rohmawati, MPH, menyampaikan perihal kebijakan, inisiatif, dan strategi yang dilakukan pemerintah dalam momen Hari Lansia Nasional 2023 dengan tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.

“Sebenarnya, peningkatan jumlah lansia merupakan indikator dari keberhasilan pembangunan kesehatan dengan menurunnya angka kematian dan semakin meningkatnya umur harapan hidup. Namun, ini juga sekaligus menjadi tantangan karena lansia banyak mengalami kemunduran fisik, mental, ekonomi, dan sosial," papar dr Nida.

"Inilah yang harus kita bersama maintain supaya lansia juga bisa meningkatkan kualitas hidupnya,” lanjut dia.

Terkait kelanjutusiaan, pemerintah RI telah memiliki strategi nasional yang diatur dalam Perpres No. 88/2021 yang menjadi landasan Rencana Aksi Nasional Kemenkes.

"Strateginya ada lima, yaitu peningkatan perlindungan sosial, jaminan pendapatan, dan kapasitas individu; peningkatan derajat kesehatan dan kualitas hidup lansia; pembangunan masyarakat dan lingkungan ramah lansia; penguatan kelembagaan pelaksana program kelanjutusiaan; serta penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak lansia,” bebernya.
(tsa)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)
pixels