Studi: Kolesterol Tidak Turun dengan Suplemen Populer Ini

Kamis, 22 Juni 2023 - 08:01 WIB
loading...
Studi: Kolesterol Tidak...
Kunyit merupakan salah satu suplemen populer yang disebut tak efektif menurunkan kolesterol. Foto/Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru menemukan bahwa enam suplemen makanan populer seperti minyak ikan, bawang putih, kayu manis, kunyit, sterol tumbuhan, dan beras ragi merah, tidak efektif memerangi kolesterol 'jahat'.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology ini membandingkan suplemen makanan dengan statin sebagai obat yang disetujui FDA untuk mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dalam darah.

Seagaimana dilansir Daily Mail, Kamis (22/6/2023) diketahui LDL sendiri dikenal sebagai kolesterol 'jahat', yang diikat sebagai pemicu penyakit jantung.

Penulis studi dan co-direktur Pusat Gangguan Tekanan Darah di Institut Jantung, Vaskular & Thoracic di Klinik Cleveland, Luke Laffin percaya bahwa penelitian ini menunjukkan bukti signifikan bahwa suplemen makanan tidak efektif dalam mengurangi kolesterol LDL.

Baca Juga: Begini Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi di Perut

"Jika Anda mengonsumsi suplemen yang dijual bebas untuk kesehatan jantung atau penurun kolesterol, Anda harus mempertimbangkannya kembali," kata Laffin kepada Cleveland Clinic Newsroom yang dikutip, Kamis (22/6/2023).

“Sayangnya, banyak konsumen AS percaya bahwa suplemen kesehatan kolesterol lebih aman daripada obat resep dan percaya bahwa suplemen sama efektifnya, atau lebih efektif daripada statin," tambahnya.

Statin Terbukti Efektif

Laffin dan timnya mengevaluasi 190 orang dewasa antara usia 45 dan 65 selama periode 28 hari. Mereka yang terlibat ditempatkan dalam kelompok yang menampilkan plasebo, minyak ikan, kayu manis, bawang putih, kunyit, sterol, atau beras ragi merah, bersama dengan obat statin ringan 5 mg/hari.

Studi ini menemukan rata-rata penurunan LDL pada kesimpulan studi adalah lazim pada 37,9% dari mereka yang menerima statin. Mereka yang mengonsumsi suplemen hampir menyamai hasil plasebo.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Lab Indonesia 2026 Perkuat...
Lab Indonesia 2026 Perkuat Ekosistem Riset dan Industri Berbasis Teknologi
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Kalap Makan saat Lebaran,...
Kalap Makan saat Lebaran, Ini 5 Tips Agar Kolesterol Terkontrol
8 Cara Cegah Asam Urat...
8 Cara Cegah Asam Urat dan Kolesterol Naik Saat Lebaran, Jangan Kalap Makan!
5 Cara Cegah Kolesterol...
5 Cara Cegah Kolesterol Tinggi usai Konsumsi Hidangan Tahun Baru
Jelajahi 197 Negara,...
Jelajahi 197 Negara, Peneliti Temukan Kesederhanaan Jadi Kunci Kebahagiaan
AS Kenalkan Mikroskop...
AS Kenalkan Mikroskop dengan Resolusi Detail hingga yang Terkecil
Riset LAPI ITB: Konektivitas...
Riset LAPI ITB: Konektivitas Digital Dongkrak PDRB dan Serap 685 Ribu Tenaga Kerja
Rekomendasi
Pegadaian Gelar Literasi...
Pegadaian Gelar Literasi Keuangan dan Investasi Emas di Kemendes PDT
OTT di Muara Enim, KPK...
OTT di Muara Enim, KPK Tangkap 10 Orang Termasuk Bupati Edison
Pakar Ingatkan Galon...
Pakar Ingatkan Galon Guna Ulang Jangan Dipakai Lebih dari Setahun
Berita Terkini
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Bantah Nikmati Uang...
Bantah Nikmati Uang Jemaah Hanania, Keanu AGL Serahkan Rekening Koran ke Polisi
Keanu Agl Diperiksa...
Keanu Agl Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Bantah Terima Uang Miliaran Rupiah
Infografis
Logo HUT ke-80 RI, Ini...
Logo HUT ke-80 RI, Ini Penjelasan Angka 80 Warna Merah-Putih dengan Garis Infinity
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved