5 Asupan yang Bisa Tingkatkan Tekanan Darah Rendah, Ampuh dan Cepat

Minggu, 23 Juli 2023 - 09:09 WIB
loading...
5 Asupan yang Bisa Tingkatkan Tekanan Darah Rendah, Ampuh dan Cepat
Jika tekanan darah cukup sering mengalami penurunan, maka Anda harus mempersiapkan diri dari rumah. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Apakah Anda suka tiba-tiba berkeringat, penglihatan kabur, dan menjadi gelap hingga hampir jatuh ketika bepergian dengan bus, kereta api, atau sedang berada di tempat kerja? Kalau ya, Anda harus waspada. Gejala tersebut bisa menjadi penanda kalau Anda sedang mengalami penurunan tekanan darah.

Untuk mencegah situasi seperti ini dan jika tekanan darah cukup sering mengalami penurunan, maka Anda harus mempersiapkan diri dari rumah. Ada jenis makanan tertentu yang dapat Anda simpan di dalam tas saat bepergian.



Melansir laman Boldsky, Minggu (23/7/2023), berikut makanan dan minuman yang dapat membantu mencegah tekanan darah rendah sekaligus meningkatkan tekanan darah secara cepat.

1. Garam

Membawa garam jika Anda sering mengalami penurunan tekanan darah adalah langkah yang penting. Setiap kali Anda merasakan kondisi seperti yang disebutkan di atas, segeralah tambahkan sejumput garam ke dalam segelas air, lalu aduk, dan minum.

2. Kismis

Jika Anda mengalami penurunan tekanan darah rendah secara rutin, cara terbaik lain adalah membawa kismis karena kismis dikenal sebagai makanan terbaik untuk mencegah tekanan darah rendah.


3. Madu

Simpan satu botol madu ukuran kecil di dalam tas dan jika Anda merasa pusing karena tekanan darah turun secara tiba-tiba, segera tambahkan satu sendok teh madu dan dicampur sejumput garam ke dalam segelas air, lalu minum.

4. Kopi

Mengonsumsi kafein merupakan cara yang mudah dan cepat untuk meningkatkan tekanan darah menjadi normal. Anda boleh minum dua cangkir kopi, karena itu bisa menjadi obat sementara untuk meningkatkan tekanan darah.

5. Teh Hijau

Teh hijau juga mengandung kafein dan dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Rebus teh hijau selama 10 menit dan saring, lalu tambahkan satu sendok madu. Anda bisa minum teh hijau ini dua atau tiga kali dalam sehari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)