7 Cara Turunkan Gula Darah dengan Cepat, Kontrol Diabetes Tanpa Obat

Senin, 31 Juli 2023 - 08:57 WIB
loading...
7 Cara Turunkan Gula Darah dengan Cepat, Kontrol Diabetes Tanpa Obat
Ada tujuh cara menurunkan gula darah dengan cepat. Dengan cara ini, diabetes bisa dikontrol tanpa obat lantaran perlu menerapkan perubahan gaya hidup. Foto/Diabetes UK
A A A
JAKARTA - Ada tujuh cara menurunkan gula darah dengan cepat. Dengan cara ini, diabetes bisa dikontrol tanpa obat lantaran Anda hanya perlu menerapkan perubahan gaya hidup dan praktik perawatan diri.

Diabetes adalah kondisi kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Sementara pengobatan dapat memainkan peran penting dalam mengelola kondisi tersebut.

Di sisi lain, melakukan perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat memberikan pengaruh besar. Mulai dari menerapkan pola makan yang sehat hingga olahraga dan kurangi stres dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.

Cara Turunkan Gula Darah dengan Cepat



Berikut cara menurunkan gula darah dengan cepat dilansir dari Health Shots, Senin (31/7/2023).



1. Makan yang Sehat


Diet seimbang sangat penting untuk mengelola diabetes. Berfokuslah untuk mengonsumsi makanan utuh yang rendah gula dan karbohidrat olahan. Sertakan berbagai buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat dalam makanan Anda.

Batasi makanan olahan, minuman manis, dan makanan tinggi lemak. Selain itu, makan dengan hati-hati dan kontrol porsi dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Olahraga Secara Teratur


Terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur bermanfaat untuk mengelola diabetes. Olahraga membantu meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan manajemen berat badan.

Targetkan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang, seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda sepanjang minggu. Menggabungkan latihan kekuatan untuk membangun otot dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

3. Pertahankan Berat Badan


Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, kehilangan sedikit saja berat badan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah secara signifikan. Bekerja untuk mencapai berat badan yang sehat melalui kombinasi diet seimbang dan aktivitas fisik secara teratur.



4. Kontrol Asupan Karbohidrat


Karbohidrat memiliki dampak langsung pada kadar gula darah. Memahami dan mengelola asupan karbohidrat penting untuk pengendalian diabetes. Pilihlah karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah.

Seperti biji-bijian utuh, polong-polongan, dan sayuran non-tepung. Memantau asupan karbohidrat, terutama bersamaan dengan kontrol porsi, dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

5. Kurangi Stres


Stres dapat memengaruhi kadar gula darah dengan memicu respons hormonal yang meningkatkan produksi glukosa. Menerapkan teknik manajemen stres dapat membantu mengendalikan diabetes.

Terlibat dalam aktivitas seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, yoga, atau melakukan hobi untuk mengurangi tingkat stres. Memprioritaskan perawatan diri, cukup tidur, dan menjaga keseimbangan kehidupan kerja juga penting untuk manajemen stres.

6. Terhidrasi


Hidrasi yang tepat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan manajemen diabetes. Minum air dalam jumlah yang cukup membantu mencegah dehidrasi, mendukung fungsi ginjal, dan membantu mengatur kadar gula darah.

Idealnya minum setidaknya delapan gelas air per hari. Selain itu, sesuaikan asupan Anda berdasarkan kebutuhan dan tingkat aktivitas individu.



7. Periksa Kadar Gula Darah


Secara teratur memantau kadar gula darah sangat penting untuk manajemen diabetes. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana pilihan gaya hidup dan kebiasaan diet memengaruhi gula darah.

Catat kadar gula darah Anda dan diskusikan dengan dokter untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang rencana perawatan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3214 seconds (0.1#10.140)