Angkat Tema Pahlawan Nusantara, Pagelaran Sabang Merauke Kembali Digelar Libatkan 300 Seniman

Kamis, 03 Agustus 2023 - 19:04 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Sutradara Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ Rusmedie Agus mengatakan, pertunjukan ini akan lebih megah dibandingkan dua edisi sebelumnya, yang sudah terlaksana tahun lalu. Perbaruan akan terasa lebih menonjol dari sisi multimedia, pengadeganan cerita, tata suara hingga aksi-aksi teatrikal yang disajikan di atas panggung.

“Karena mengangkat tema pahlawan Nusantara, alur cerita jelas berbeda dibanding Pagelaran Sabang Merauke sebelumnya. Tata panggung akan mengusung konsep perjuangan para pahlawan dari Aceh hingga Papua, dipadukan dengan tampilan multimedia yang lebih megah. Lalu di wilayah koreografi dan busana juga kami sempurnakan agar mampu menggugah perasaan penonton untuk semakin bangga menjadi bagian dari Indonesia,” beber Rusmedi.

Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ kembali mempercayakan urusan koreografi kepada koreografer andal Sandhidea Cahyo Narpati didukung oleh seniman tari daerah Mugiyono Kasido, Abib Igal, Gunk Mas, dan Okvalica. Tak ketinggalan budayawan senior Butet Kertaradjasa yang akan menampilkan kemampuan teatrikalnya dan penampilan istimewa dari ventriloquist Kak Tony.

Pada lini busana, sejumlah desainer kenamaan Tanah Air juga akan memamerkan koleksi terbaik dengan nuansa etnik Indonesia. Mereka di antaranya Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, dan sejumlah anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) lain. Tak ketinggalan, terdapat pula nama Iwan Tirta Private Collection dan Griya Ageman yang turut memamerkan koleksi Wastra Nusantara dalam pagelaran kali ini.

Selain dapat menikmati seni pertunjukan di panggung utama, para pengunjung Pagelaran Sabang Merauke juga akan diajak menyelami keragaman budaya Nusantara melalui cultural fair yang berlangsung di luar area pertunjukan. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat berkunjung ke festival UMKM yang melibatkan 48 UMKM Binaan BCA Bangga Lokal dan iForte, serta 3 Desa Binaan Bakti BCA.

“Dengan kehadiran BCA Bangga Lokal, para pengunjung dapat melihat dan membeli produk UMKM asli Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan terhadap produk anak bangsa. Selain itu, keikutsertaan Desa Binaan Bakti BCA dalam kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengenalkan potensi wisata, ekonomi, dan budaya yang dimiliki kepada para pengunjung. Hal ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk merasakan keunikan budaya Indonesia dan turut melestarikannya," papar Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono.

Pada pagelaran ini, penonton diharapkan datang dengan mengenakan kain-kain wastra Nusantara terbaik sebagai bentuk penghormatan terhadap kayanya khazanah budaya warisan leluhur bangsa.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)