Pentingnya Skrining Demensia bagi Lansia, Mulai Waspada Usia 40an

Jum'at, 08 September 2023 - 08:59 WIB
loading...
A A A
#Skrining demensia bisa dilakukan oleh dokter umum di faskes terdekat

Skrining demensia bisa dilakukan di Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Dokter umum pun mulai terlatih melakukan skrining hingga mendiagnosis pasien.

ALZI sebagai organisasi non-profit bahkan memfasilitasi dokter umum untuk belajar dan memahami tatalaksana diagnosis demensia ini. Menurut Michael, dokter umum adalah garda terdepan yang berhadapan langsung dengan lansia.



"Jika dokter umum teredukasi dengan baik mengenai demensia, maka angka kasus bisa ditekan dengan skrining yang tepat," ungkapnya.

Di sesi pelatihan tatalaksana diagnosis demensia di FKIK UNIKA Atma Jaya Pluit, ALZI mengajak sejumlah dokter umum dan dokter gigi untuk memahami secara komprehensif penanganan demensia . Tak hanya dari paparan narasumber, tapi juga lewat roleplay dan diskusi kasus.

Ada tiga narasumber multidisiplin yang dihadirkan dalam sesi tersebut, yaitu Neurolog Prof Yuda Turana, Sp.S (K), Psikiatri dr Yulia Fatima Bessing, Sp.KJ (K), dan Ahli Penyakit Dalam konsultan Geriatri Prof Czeresna Heriawan Soejono.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)