7 Penyakit Komplikasi Jika Diabetes Tidak Segera Diobati, Cegah sebelum Terlambat

Rabu, 13 September 2023 - 15:17 WIB
loading...
A A A

3. Gangguan Penglihatan


Pengidap diabetes tipe 1 dan 2 bisa mengalami gangguan mata dan berpotensi menghilangkan penglihatan. Beberapa jenis yang termasuk di antaranya seperti retinopati diabetik, macular edema, dan lainnya.

Gejala yang muncul bisa bervariasi, tergantung dari gangguan mata. Namun, umumnya kondisi ini melibatkan perubahan penglihatan seperti kabur, kecerahan berlebih, dan lainnya.

4. Masalah pada Kaki


Kadar gula darah tinggi bisa membuat kerusakan saraf di bagian kaki. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat mengakibatkan aliran darah ke kaki menjadi terganggu.



Gejalanya beragam. Bisa berupa seperti mati rasa, kesemutan berlebih, hingga nyeri. Tak boleh dianggap remeh, Anda wajib segera memeriksakannya atau berpotensi menanggung hal yang lebih buruk seperti amputasi.

5. Gastroparesis


Diabetes juga meningkatkan risiko gastroparesis. Pada kondisi ini, saraf lambung mengalami kerusakan dan bekerja tidak normal.

Akibatnya, lambung bisa menjadi lebih lama menjalani proses pengosongan serta menyulitkan pengelolaan kadar glukosa darah. Selain mengubah pola makan sehari-hari, Anda juga bisa melakukan pengobatan jika mendapati kondisi ini.

6. Infeksi


Jika seseorang membiarkan diabetes tanpa pengobatan, mereka bisa terkena infeksi tertentu. Alasannya karena kadar gula darah berlebih bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, kerusakan saraf tepi dan berkurangnya aliran darah ekstremitas juga turut memengaruhi risikonya. Tergantung pada bagian tubuh yang terinfeksi, beberapa di antaranya bisa mengharuskan perawatan lebih lanjut.

7. Penyakit Ginjal


Kemudian ada penyakit ginjal. Kadar gula darah berlebih dapat merusak fungsi penyaringan organ ginjal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3293 seconds (0.1#10.140)