Pelajari 5 Teknik Ini agar Kualitas Vokal di Atas Panggung Semakin Memukau!

Selasa, 19 September 2023 - 18:20 WIB
loading...
Pelajari 5 Teknik Ini agar Kualitas Vokal di Atas Panggung Semakin Memukau!
Menjadi penyanyi pemula adalah langkah pertama yang menarik dalam perjalanan musik. Kemampuan vokal yang baik menjadi penting untuk diperhatikan. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Menjadi seorang penyanyi pemula adalah langkah pertama yang menarik dalam perjalanan musik setiap orang. Kemampuan vokal yang baik tidak hanya meningkatkan kualitas performa, tetapi juga memungkinkan penyanyi mengekspresikan diri dengan lebih baik melalui musik.

Berbagai cara yang dilakukan oleh para penyanyi untuk menjaga kualitas vokal tetap bagus adalah latihan teknik vokal secara berkala. Tak jarang, beberapa penyanyi merekrut pelatih vokal terbaik untuk melatihnya.

Salah satu pelatih vokal yang sudah memiliki reputasi yang baik di industri musik Indonesia adalah Indra Aziz yang telah melatih vokal banyak penyanyi ternama di Indonesia, antara lain Agnez Mo, Raisa, Afgan, Rossa, Yuni Shara, hingga Ari Lasso. Kini, ia juga didapuk menjadi juri dalam ajang pencarian bakat menyanyi digital pertama di Indonesia yaitu Trending Star.

Bagi penyanyi pemula yang masih mengasah kemampuan bernyanyinya, berikut 5 teknik vokal yang harus dipelajari dan dikuasai dengan baik:

1. Teknik Artikulasi
Teknik artikulasi adalah kemampuan untuk mengucapkan kata-kata atau bunyi-bunyi dengan jelas dan tepat saat berbicara atau menyanyi. Dalam konteks vokal, teknik artikulasi sangat penting karena membantu penyanyi untuk menyampaikan lirik lagu dengan jelas dan dengan interpretasi yang tepat. Teknik artikulasi melibatkan hal-hal seperti pengucapan konsonan dan vokal dengan jelas, mengatur tempo bicara atau nyanyian, serta memahami intonasi yang sesuai untuk mempertegas artikulasi kata-kata.

2. Teknik Intonasi
Teknik intonasi merujuk pada cara seseorang mengatur nada atau melodi dalam bicara atau nyanyian untuk mengekspresikan makna, emosi, atau pesan tertentu. Dalam konteks nyanyian, teknik intonasi sangat penting untuk menyampaikan emosi dan dinamika dalam lagu. Penyanyi menggunakan perubahan nada yang disengaja untuk menciptakan variasi dalam melodi, yang dapat menghasilkan ketegangan, kegembiraan, sedih, atau berbagai ekspresi lainnya.

3. Teknik Pernapasan
Teknik pernapasan dalam bernyanyi adalah metode yang digunakan oleh penyanyi untuk mengatur dan mengoptimalkan aliran udara ke dalam dan keluar dari paru-paru saat mereka bernyanyi. Hal ini sangat penting dalam menyanyi karena pernapasan yang benar dapat memiliki dampak signifikan pada kualitas suara, daya tahan vokal, dan kemampuan penyanyi untuk menghasilkan vokal yang kuat dan terkontrol.

4. Teknik Resonansi
Teknik resonansi dalam konteks vokal dan musik merujuk pada kemampuan penyanyi untuk mengoptimalkan resonansi alami dalam rongga-rongga di dalam kepala, tenggorokan, dan dada mereka saat mereka bernyanyi. Ini adalah salah satu aspek penting dalam menciptakan suara yang kaya, penuh, dan berdaya tahan dalam seni vokal. Dengan kata lain, teknik resonansi membantu penyanyi menghasilkan suara yang lebih indah dan kuat.

5. Teknik Pembawaan
Teknik pembawaan dalam bernyanyi merujuk pada cara seorang penyanyi menginterpretasikan, mengungkapkan, dan menyampaikan emosi, makna, dan gaya dalam lagu melalui vokal mereka. Ini adalah aspek yang sangat penting dalam seni vokal karena membantu penyanyi menjadikan penampilannya lebih ekspresif, pribadi, dan memukau bagi audiens.

Nah, bagi para peserta Trending Star yang sudah berhasil lolos hingga 30 besar, 5 teknik vokal di atas dapat diasah kembali untuk persiapan maju ke babak 10 besar dan tampil langsung di live show Trending Star. Dengan teknik vokal yang jauh lebih matang saat tampil di depan juri, salah satunya Indra Aziz, dapat menjadi nilai tambah bagi peserta untuk melaju ke babak 3 besar.

Untuk informasi lebih lengkap tentang ajang Trending Star, pantengin terus Instagram StarHits (@Starhitsid) dan Instagram NgeShortsBareng (@NgeShortsBareng)!
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1192 seconds (0.1#10.140)