5 Manfaat dan Efek Samping Minum Air Jahe, Kenali sebelum Konsumsi

Rabu, 27 September 2023 - 09:46 WIB
loading...
A A A

3. Menurunkan Kadar Kolesterol


Satu penelitian pada tikus menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol. Tikus tersebut mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, yang meningkatkan kolesterol total, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa pemberian suplemen yang mengandung jahe pada tikus juga dapat mencegah kolesterol tinggi dalam aliran darah.



4. Kontrol Gula Darah


Air jahe dapat membantu mengontrol kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2. Dalam satu studi selama 12 minggu, peneliti membagi 41 orang dengan diabetes tipe 2 menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama mengonsumsi 2 gram suplemen bubuk jahe setiap hari, sedangkan kelompok kedua mendapat obat plasebo. Orang yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang signifikan.

5. Menurunkan Berat Badan


Dalam penelitian lain, peneliti membagi 10 pria menjadi dua kelompok. Satu kelompok meminum air jahe panas setelah sarapan. Kelompok lain tidak. Pria yang meminum air jahe melaporkan perasaan kenyang yang lebih besar.

Meskipun penelitian ini kecil dan diperlukan penelitian tambahan, hal ini menunjukkan bahwa air jahe berperan dalam penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Air Jahe



Minum air jahe tampaknya aman bagi kebanyakan orang. Namun, ada situasi tertentu yang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ada beberapa kekhawatiran bahwa jahe dapat mengganggu pengobatan pengencer darah.

Di sisi lain, orang yang minum air jahe secara berlebihan akan mengalami efek samping ringan. Seperti gas, sakit perut, diare, dan maag. Sebuah penelitian, yang menggunakan data dari 1.020 wanita, mengulas keamanan jahe selama kehamilan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2251 seconds (0.1#10.140)