Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa

Kamis, 15 Juni 2017 - 14:19 WIB
Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa
Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa
A A A
JAKARTA - Bagi umat Muslim, menjalankan puasa merupakan suatu kewajiban. Meski harus menahan rasa lapar dan haus, namun bukan berati Anda harus bermalas-malasan. Anda pun tetap dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO menjelaskan, saat berpuasa sebaiknya tidak meninggalkan olahraga. Pasalnya, tetap berolahraga saat berpuasa bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

"Sebaiknya olahraga tidak ditinggali saat puasa. Hanya saja intensitasnya yang berkurang. Karena olahraga bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan memperlancar metabolisme sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga selama puasa," papar Dr. Rachmad saat temu media Greenfields di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Sementara untuk jenis olahraga yang cocok dilakukan saat puasa pun beragam. Seperti halnya jalan santai atau jogging ringan dengan intensitas yang rendah, stretching atau kalistenik ringan.

"Jalan santai jangan kaya jalan biasa yang cepat. Jalannya pun harus di area yang datar bukan menanjak biar nggak dehidrasi jadi ganggu puasa. Joging dan jalan santai bisa dilakukan di dekat rumah sambil ngabuburit. Bisa juga stretching atau kalistenik ringan di ruangan. Bisa manfaatkan meja untuk push up," jelasnya.

Selain olahraga tersebut, Anda juga bisa melakukan aerobik, bersepda hingga bulu tangkis. Namun, Dr Rachmad menekankan olahraga saat puasa harus dilakukan dengan intensitas olahraga yang tidak berat. Hal ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi yang bisa membatalkan puasa.

"Bisa juga aerobik yang tidak loncat dengan irama yang santai. Bersepda bisa menyehatkan jantung dan saat puasa lakukan saja dengan santai. Serta bulu tangkis. Untuk bulu tangkis sebaiknya hindari loncat dan shmash yang bisa membuat dehidrasi. Olahraga saat puasa itu intensitasnya dikurangi, tujuannya biar tubuh tetap fit," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6831 seconds (0.1#10.140)