Apakah Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol?

Senin, 16 Oktober 2023 - 12:29 WIB
loading...
A A A
Menurut American Heart Association (AHA), ada dua sumber yang memasok kolesterol, yakni hati fan pola makan.

Hati menghasilkan semua kolesterol yang dibutuhkan tubuh manusia dan pola makan seseorang, bisa mengonsumsi daging, unggas, dan produk susu (memasukkan lebih banyak kolesterol ke dalam tubuh). Kolesterol ini dikenal sebagai kolesterol makanan. Produk-produk ini dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan jika seseorang mengonsumsinya terlalu banyak.



Tingginya kadar kolesterol LDL dan rendahnya kadar kolesterol HDL membuat seseorang berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

Kolesterol LDL dapat berikatan dengan zat lain di arteri. Hal ini dapat menyebabkan penebalan dan pengerasan pembuluh darah yang dikenal sebagai aterosklerosis. Aterosklerosis dapat menyebabkan berkembangnya penyumbatan, yang menyebabkan terjadinya serangan jantung atau stroke.

Menjaga kadar kolesterol yang sehat

Mengurangi jumlah lemak jenuh dalam makanan seseorang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Sementara, mengganti lemak jenuh dengan alpukat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Namun, pendekatan terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan melakukan perubahan perilaku kesehatan jangka panjang pada gaya hidup dan pola makan seseorang.

Beberapa perubahan yang dapat dilakukan seseorang untuk menjaga kadar kolesterol baik:
Makan lebih banyak serat: Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.
Meningkatkan aktivitas fisik: Bukti menunjukkan bahwa olahraga, khususnya olahraga aerobik, dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL seseorang.
Menghindari tambahan gula: Produk dengan tambahan gula, seperti minuman manis dan permen, terbukti meningkatkan kadar kolesterol LDL.
Berhenti merokok, mengurangi stres, dan cukup tidur juga dapat membantu seseorang menjaga kadar kolesterol yang sehat.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)