Jangan Sampai Keliru! Begini Aturan Minum Suplemen yang Tepat

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 19:33 WIB
loading...
A A A
- Zat besi bisa diminum sebelum makan. Zat besi termasuk mineral yang bisa dikonsumsi dan lebih mudah diserap saat perut kosong. Namun, jika Anda mengalami keluhan di lambung, makan makanan yang tidak terlalu berat sebelum mengonsumsi zat besi bisa menjadi solusi.

- Vitamin A, D, E, K baik dikonsumsi setelah makan makanan yang mengandung lemak. Pasalnya, vitamin-vitamin ini termasuk ke dalam vitamin larut lemak. Dengan demikian, penyerapan vitamin oleh tubuh akan lebih baik dan mudah saat diminum bersamaan atau setelah makan yang mengandung lemak, seperti alpukat atau kacang-kacangan.

- Magnesium baik dikonsumsi pada malam hari. Anda bisa minum vitamin atau suplemen yang mengandung magnesium di malam hari. Magnesium bisa membuat Anda merasa mengantuk.

- Vitamin B sebaiknya diminum pada pagi hari. Suplemen vitamin B bisa membantu produksi energi, ini bisa membuat Anda lebih berenergi selama beraktivitas di pagi hari. Hindari minum vitamin B saat Anda hendak tidur atau beristirahat di malam hari.



4. Jangan Minum Suplemen Bersamaan dengan Kopi


Sebaiknya jangan minum suplemen dengan menggunakan minuman berkafein. Kafein bisa menghambat penyerapan vitamin D. Kemudian, jika diminum bersamaan dengan vitamin yang mengandung zat besi, maka 80 persen kandungannya tidak akan terserap oleh tubuh.

5. Waspadai Efek Interaksi Obat


Saat hendak mengonsumsi suplemen vitamin, Anda perlu memastikan apakah suplemen tersebut akan menimbulkan efek interaksi terhadap obat-obatan, suplemen lain, makanan, atau produk herbal tertentu. Anda juga dapat mencatat semua suplemen dan obat-obatan yang pernah atau sedang dikonsumsi untuk ditanyakan kepada dokter.

Di sisi lain, ada beberapa suplemen vitamin yang justru perlu dicampurkan ke dalam minuman atau makanan. Namun, pastikan Anda tidak kelebihan nutrisi dan tidak berisiko mengalami efek samping tertentu.

Itulah beberapa aturan minum suplemen yang perlu Anda perhatikan. Selain itu, Anda juga harus mengalokasikan bujet supaya dompet tidak jebol demi memenuhi kebutuhan suplemen. Caranya, beli suplemen di AladinMall mumpung lagi ada diskon 17% plus gratis ongkir tanpa batas!

Penasaran? Makanya, download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play Store dan App Store untuk mengetahui promo menarik yang berlangsung setiap harinya! Belanja online jadi semudah dan sehemat itu!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2292 seconds (0.1#10.140)