Merokok di Pagi Hari Berisiko Picu Kanker Mulut dan Paru-paru

Selasa, 31 Oktober 2023 - 09:05 WIB
loading...
Merokok di Pagi Hari Berisiko Picu Kanker Mulut dan Paru-paru
Studi terbaru menemukan bahwa merokok di pagi hari dapat meningkatkan risiko kanker mulut dan paru-paru. Merokok di pagi hari juga merupakan tanda kecanduan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menemukan bahwa merokok di pagi hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker mulut dan paru-paru . Merokok di pagi hari juga merupakan tanda kecanduan yang parah.

Banyak orang langsung merokok setelah bangun tidur, saat sarapan, atau sebelum mulai bekerja di kantor. Kebiasaan ini mematikan dan sangat berisiko, terutama di kalangan perokok muda.

Dilansir dari Times of India, Selasa (31/10/2023) para peneliti menemukan bahwa merokok dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur akan meningkatkan risiko Anda terkena kanker mulut dan paru-paru.

“Kami menemukan bahwa perokok yang mengonsumsi rokok segera setelah bangun tidur memiliki tingkat NNAL yang lebih tinggi – suatu metabolit NNK karsinogen spesifik tembakau – dalam darah mereka dibandingkan perokok yang tidak merokok setengah jam atau lebih setelah bangun tidur, berapapun jumlah rokok yang dikonsumsi,” kata Steven Branstetter, asisten profesor kesehatan biobehavioral, Penn State.



Banyak perokok berat yang berhenti merokok dalam semalam. Ketika mereka bangun di pagi hari, kadar nikotin dalam darah mereka turun drastis. Neuroreseptor mereka mendorong untuk menginginkan dan mencari rokok itu.

Cobalah untuk berhenti merokok sepenuhnya, karena tidak ada manfaatnya dan banyak risikonya. Jika Anda merokok di pagi hari, berikut beberapa cara yang dapat membantu melepaskan kebiasaan ini:

1. Singkirkan Rokok

Singkirkan rokok dari kamar atau rumah untuk memastikan Anda tidak merokok di rumah. Berikutnya saat berangkat berangkat kerja, pastikan tidak membawa rokok atau korek api apa pun di mobil, saku, atau tas. Cobalah bepergian dengan seseorang yang Anda kenal.

Ini dapat membantu mengawasi tindakan dan mencegah Anda membeli dan menyalakan rokok. Jika Anda mempunyai teman yang merokok di pagi hari, hindari bepergian bersama mereka karena godaan dan pemandangan dapat menyulitkan untuk tidak merokok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)