6 Manfaat Lari 75 Menit Seminggu, Membantu Hidup Lebih Lama

Sabtu, 11 November 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A

2. Menjaga sensitivitas insulin

Menjaga sensitivitas insulin sangat penting untuk mencegah dan mengelola diabetes, terutama seiring bertambahnya usia. Berlari meningkatkan sensitivitas insulin, memungkinkan tubuh mengatur kadar gula darah dengan lebih efektif. Dengan meningkatkan metabolisme glukosa yang kuat, lari bertindak sebagai perisai pelindung terhadap diabetes, sehingga semakin meningkatkan prospek Anda untuk hidup lebih lama.

3. Kesehatan mental

Kesejahteraan mental sering kali diremehkan demi mencapai umur panjang. Berlari dapat mengurangi stres, meredakan kecemasan dan memerangi depresi.

Manfaat psikologis dari berlari terkait erat dengan kesejahteraan secara keseluruhan dan berperan penting dalam upaya mencapai kehidupan yang lebih panjang dan memuaskan.

4. Tulang yang sehat

“Tulang yang sehat sangat penting untuk kehidupan yang aktif dan memuaskan, terutama seiring bertambahnya usia. Latihan menahan beban seperti lari membantu menjaga kepadatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang. Tulang yang kuat sangat penting untuk mendukung gaya hidup aktif di tahun-tahun berikutnya.

5. Sistem kekebalan tubuh yang kuat

Sistem kekebalan yang kuat adalah anugerah lain dari berlari. Berlari secara teratur dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, memperkuat kewaspadaan Anda terhadap infeksi dan penyakit. Lapisan perlindungan tambahan ini memainkan peran penting dalam memperpanjang umur Anda.


6. Manfaat kognitif

Berlari mungkin menawarkan manfaat kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lari berdampak positif pada fungsi kognitif, berpotensi mengurangi risiko kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer. Ketajaman dan ketangkasan kognitif ini dapat memastikan kehidupan yang dinamis hingga masa tua Anda”.

Temuan ilmiah terbaru menggarisbawahi manfaat besar lari dalam mendorong hidup lebih lama dan lebih sehat. Baik Anda seorang pelari berpengalaman atau sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah pertama, lari berpotensi membuka tidak hanya umur panjang namun juga kehidupan yang penuh dengan kesejahteraan.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3897 seconds (0.1#10.140)