4 Cara Memasak Telur yang Sehat, Nutrisi Terjaga dan Rasa Tetap Nikmat

Sabtu, 18 November 2023 - 13:17 WIB
loading...
A A A


Mengutip Healthline, ada salah satu hal yang perlu dipahami ketika ingin memasak telur secara sehat. Durasi dan suhu saat memasak telur bisa berpengaruh terhadap hilangnya nutrisi.

Jadi, semakin lama dan panas saat memasak telur, maka akan lebih banyak pula potensi nutrisinya yang terbuang. Tak hanya itu, penggunaan suhu terlalu tinggi juga bisa meningkatkan kolesterol teroksidasi pada telur.

3. Campur dengan Sayuran


Bicara makanan sehat, telur sejatinya juga bisa digolongkan sebagai salah satunya. Namun, cara pengolahannya wajib diperhatikan dan tidak boleh sembarangan.

Jika Anda ingin menjadikannya lebih sehat lagi, bahan sayuran akan cocok sebagai kombinasinya. Saat ini, sudah banyak muncul ide atau resep olahan telur dan sayuran yang dapat dicoba di rumah.

Pada pengolahannya, Anda bisa menjadikannya telur dadar hingga salad. Jika tak ingin repot, bisa disajikan langsung telur rebus bersama sayuran-sayuran sebagai pendampingnya.

4. Gunakan Minyak secara Bijak


Pada olahan telur yang sehat, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi telur goreng seperti diceplok atau didadar. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu.

Pertama adalah pemilihan minyak. Dibandingkan menggunakan minyak biasa, Anda lebih disarankan memakai jenis lain seperti minyak zaitun hingga minyak alpukat.

Selain itu, perhatikan juga suhu saat memasaknya. Saat menggoreng telur, jaga suhu penggorengan tetap stabil dan jangan terlalu tinggi.

Suhu tinggi pada telur bisa memunculkan kolesterol yang teroksidasi. Salah satu dampaknya adalah membentuk radikal bebas yang berbahaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)