7 Manfaat Temulawak untuk Tubuh, Meningkatkan Nafsu Makan hingga Cegah Kanker

Senin, 20 November 2023 - 15:45 WIB
loading...
A A A
Temulawak juga dapat menurunkan intensitas gejala radang usus dan permeabilitas usus. Bahkan, para ahli sedang mengeksplor tanaman ini sebagai pengobatan untuk sindrom iritasi usus besar.

4. Memperkuat Imunitas


Dilansir dari Jurnal "Pengetahuan Tentang Manfaat Kesehatan Temulawak" disebutkan jika ekstrak temulawak dapat menginduksi aktivitas sistem imun dan meningkatkan respon imun.

Manfaat ini didapat dari beragam nutrisi serta antioksidan yang dapat membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi.

5. Menjaga Kesehatan Hati


Manfaat temulawak untuk tubuh selanjutnya untuk menjaga kesehatan hati. Ini karena adanya kandungan antioksidan dan antiradang yang dipercaya dapat menjaga kesehatan, fungsi hati, hingga mengurangi peradangan.



Meski begitu, bukti temulawak untuk mengobati penyakit hati belum terbukti secara klinis. Sehingga perlu dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

6. Menjaga Kadar Gula Darah


Karena memiliki efek antioksidan dan antiradang, temulawak juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa temulawak dapat membantu mengatur kadar gula darah, memberikan manfaat bagi individu dengan diabetes.

7. Cegah Kanker


Karena memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antikanker yang cukup kuat, membuat tanaman herbal ini disebut-sebut dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami secara lebih mendalam efek ini.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)