7 Manfaat Temulawak untuk Tubuh, Meningkatkan Nafsu Makan hingga Cegah Kanker

Senin, 20 November 2023 - 15:45 WIB
loading...
7 Manfaat Temulawak untuk Tubuh, Meningkatkan Nafsu Makan hingga Cegah Kanker
Temulawak dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Manfaat temulawak untuk tubuh sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan temulawak sering menjadi bahan baku obat tradisional.

Temulawak merupakan tanaman herbal yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Memiliki banyak khasiat, tanaman herbal ini juga kerap digunakan sebagai bahan makanan dan minuman seperti jamu.

Dilansir dari laman Alodokter Kemenkes, dalam beberapa studi ilmiah mengungkapkan jika temulawak mengandung terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol yang baik untuk kesehatan karena punya sifat antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker, dan antidiabetes.

Berikut manfaat temulawak lainnya untuk tubuh yang bisa Anda ketahui.

7 Manfaat Temulawak untuk Tubuh


1. Meningkatkan Nafsu Makan


Salah satu manfaat yang paling dikenal dari temulawak adalah meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya.



Kandungan itu menyebabkan peningkatan nafsu makan karena memiliki sifat koleretik yang mampu mempercepat sekresi empedu sehingga dapat mempercepat pengosongan lambung. Selain itu, kandungan minyak atsiri juga mempercepat pencernaan dan absorpsi lemak di usus yang kemudian akan menyekresi berbagai hormon yang mampu meregulasi peningkatan nafsu makan.

2. Mengatasi Infeksi


Kandungan xanthorrhizol dan kurkuminoid yang ada di temulawak berfungsi sebagai antimikroba. Ekstrak temulawak juga diketahui memiliki efek anti virus dan anti jamur.

Kandungan tersebut dapat dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri Salmonella dan E.coli dan digunakan sebagai obat pencegah infeksi.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan


Temulawak juga dapat meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan sembelit. Dalam Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa tanaman herbal ini sering digunakan dalam pengobatan ayurveda sebagai agen penyembuh pencernaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)