4 Penyebab Sakit saat Buang Air Kecil, Jangan Dianggap Sepele

Selasa, 21 November 2023 - 23:15 WIB
loading...
4 Penyebab Sakit saat Buang Air Kecil, Jangan Dianggap Sepele
Penyebab sakit saat buang air kecil sangat beragam. Mengalami sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil merupakan tanda ada yang tidak beres pada tubuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyebab sakit saat buang air kecil sangat beragam. Mengalami sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil bukan hanya tidak nyaman tetapi juga merupakan tanda ada yang tidak beres pada tubuh.

Meskipun rasa sakitnya bisa hanya terjadi satu kali karena duduk yang terlalu lama, tapi rasa sakit saat buang air kecil juga bisa menjadi jangka panjang jika tidak diobati. Bisa jadi ini tanda infeksi saluran kemih atau masalah pada ginjal.

Memahami penyebab nyeri saat buang air kecil adalah langkah pertama menuju pengobatan. Cara terbaik adalah menemui dokter kandungan yang kemudian akan merujuk pada antibiotik untuk kondisi Anda.

Penyebab Sakit saat Buang Air Kecil



Berikut penyebab sakit saat buang air kecil dilansir dari Times of India, Selasa (21/11/2023).



1. Infeksi Saluran Kemih


Salah satu penyebab paling umum dari rasa terbakar atau perih saat buang air kecil adalah infeksi saluran kemih (ISK). Sensasi terbakar yang tidak nyaman saat buang air kecil sebagian besar disebabkan oleh ISK.

Infeksi ini terjadi ketika bakteri, biasanya Escherichia coli (E. coli) dari sistem pencernaan, masuk ke uretra dan berkembang biak dalam jumlah besar. Dampaknya adalah iritasi dan peradangan pada saluran kemih sehingga menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat buang air kecil.

2. Penyakit Menular Seksual


Penyakit menular seksual (IMS atau PMS), seperti namanya, paling banyak menyerang orang yang aktif secara seksual dalam beberapa hari terakhir. PMS dapat memperluas pengaruhnya ke sistem saluran kemih, menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

Klamidia dan gonore adalah bentuk umum penyakit menular seksual yang menyerang uretra sehingga memicu peradangan. PMS sangat terkenal dan harus segera ditangani. Akibat dari penyakit ini yang tidak diobati cukup parah.

4 Penyebab Sakit saat Buang Air Kecil, Jangan Dianggap Sepele

Foto/Infografis SINDOnews



3. Vaginosis Bakterial


Meskipun bakterial vaginosis (BV) terutama menyerang area vagina, dampaknya biasanya juga meluas ke saluran kemih, dan menyebabkan rasa sakit dan perih. BV biasanya terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat yang ada di vagina.

Kondisi ini dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri berbahaya secara berlebihan, sehingga berpotensi menyebabkan iritasi dan nyeri saat buang air kecil. Sifat sistem reproduksi dan saluran kemih yang saling berhubungan, menjadi alasan utama mengapa efek berbahaya BV juga terasa di uretra.

4. Infeksi Ginjal


Terkadang, rasa sakit dan perih saat buang air kecil sama sekali tidak berhubungan dengan uretra atau vagina, namun alasan ini bahkan lebih memprihatinkan. Penyebab lainnya adalah infeksi ginjal, yang merupakan masalah yang lebih serius.

Jika Anda mengalami nyeri saat buang air kecil disertai darah dalam urine dan nyeri punggung, ini mungkin mengindikasikan ISK parah yang berkembang menjadi infeksi ginjal. Ketika ISK menyebar ke ginjal, situasinya menjadi lebih kritis dan jika tidak ditangani, infeksi ginjal dapat menyebabkan rawat inap, karena berpotensi menyusup ke dalam aliran darah.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2807 seconds (0.1#10.140)