Pain Intervention, Penanganan Sakit Nyeri secara Komprehensif Tanpa Operasi

Rabu, 22 November 2023 - 13:31 WIB
loading...
A A A
"Kami sebagai dokter harus mencari tahu dari mana asal nyerinya. Yakni dengan menggunakan alat bernama pain generator. Jadi kami tidak men-judge satu penyakit bukan berdasarkan hasil X-Ray, melainkan berdasarkan dari keluhan pasien," kata dr Boby.

Selanjutnya, dokter akan melakukan diagnosis block dengan memasukkan jarum sepanjang 10 cm ke pusat nyeri. Dokter memblok titik nyeri yang dirasakan pasien dengan menyuntikkan obat. Kemudian menunggu reaksi sekitar 1-2 menit. Apabila hilang rasa nyerinya, maka berati masalah penyebab nyeri ada di situ.

Dokter Boby menambahkan, sakit nyeri bisa disembuhkan dengan teknik pain intervention, namun bukan berarti teknik ini mampu menyembuhkan semua penyakit nyeri. Apabila gagal dengan teknik pain intervention, maka perlu dilakukan operasi.

"Teknik pengobatan pain intervention biasanya dilakukan karena pasiennya tidak suka operasi. Peralatan dan fasilitas kami sudah lengkap untuk penanganan pain intervention. Mulai tingkat awal hingga tingkat paling parah menaruh cips di bagian yang sakit," terang dr Boby.

Beberapa orang suka menghilangkan sakit nyeri mereka dengan mengonsumsi obat antiradang secara oral. Keampuhan obat ini hanya sesaat, yang kalau diminum setiap hari justru bisa berdampak buruk ke organ tubuh lain.

Untuk itu perlu dilakukan pemberian obat yang disuntikkan langsung ke pusat titik sakit nyeri dengan teknik pain intervention sehingga efektif dan pengobatan tidak harus berdampak ke organ tubuh lain.

Dokter Boby mengingatkan, hal terpenting dalam penyembuhan penyakit nyeri adalah mengubah kebiasaan yang bisa memicu rasa nyeri tubuh, menjaga agar tubuh tidak obesitas, dan rutin berolahraga.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2724 seconds (0.1#10.140)