Hari Ikan Nasional, eFishery Dorong Masyarakat Lebih Gemar Konsumsi Ikan

Kamis, 23 November 2023 - 19:19 WIB
loading...
Hari Ikan Nasional, eFishery Dorong Masyarakat Lebih Gemar Konsumsi Ikan
eFishery memanfaatkan momentum Hari Ikan Nasional untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan berprotein tinggi dan menyehatkan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - eFishery, perusahaan teknologi akuakultur asal Indonesia, memanfaatkan momentum Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang diperingati tiap 21 November untuk mengingatkan kembali masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan berprotein tinggi dan menyehatkan.

Sebagai bahan pangan dengan harga relatif terjangkau dan mudah didapat, ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3, 6, dan 9 sehingga sangat relevan untuk menjadi salah satu sumber asupan gizi guna mendukung program ketahanan pangan.

Harkannas 2023 mengusung tema “Ikan untuk Generasi Emas”. Sesuai dengan visi dan misi eFishery untuk berkomitmen menyediakan kebutuhan pangan dunia melalui akuakultur, perusahaan ini ikut ambil bagian dalam kampanye Harkannas 2023 dengan berbagai upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan melalui edukasi dan kolaborasi.

“eFishery siap mendukung terlaksananya Harkannas 2023 melalui perikanan budidaya berkelanjutan untuk ketahanan pangan Indonesia. Serangkaian kegiatan ini juga merupakan upaya sinergi antara pemerintah dan swasta dalam meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan untuk ketahanan pangan, pencegahan stunting, dan meningkatkan kualitas hidup," ujar Luciana Dita Chandra Murni, Head of Regulatory and Government Affairs eFishery, melalui siaran resminya belum lama ini.

Salah satu inisiatif yang dilakukan oleh eFishery untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan adalah dengan menyelenggarakan kelas memasak ikan bersama awak media dengan tujuan meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya konsumsi ikan dan
mengajarkan teknik-teknik memasak ikan yang inovatif dan menggugah selera.

Kelas memasak dipimpin oleh Eddy Siswanto, seorang chef profesional, dengan menyajikan menu Nusantara yaitu ikan gurame pesmol. Ikan yang dimasak berasal dari eFishery yang dibudidayakan secara berkelanjutan dan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Sementara itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat menyambut baik kegiatan tersebut.

"Kami sangat senang dan mengapresiasi inisiatif eFishery dalam memeriahkan Harkannas 2023 dengan serangkaian inisiatif, mulai dari membagikan ikan hingga kelas memasak bersama media. Kurangnya edukasi kepada masyarakat bahwa ada sumber gizi yang baik dan terjangkau yaitu ikan, membuat tingkat konsumsi ikan masih tergolong rendah. Yaitu hanya 56 kg per kapita. Angka ini masih di bawah target Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menaikkan target konsumsi ikan nasional menjadi 61,02 kg per kapita," beber Innes Rahmaniar, Pembina Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Ahli Utama Kementerian Kelautan dan Perikanan RI pada kesempatan yang sama.

"Selain itu, komitmen eFishery dalam mengelola sumber daya ikan secara berkelanjutan akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjamin ketersediaan ikan yang berkualitas di masa mendatang guna mewujudkan Generasi Emas Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya, eFishery bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan membagikan ikan air tawar kepada 450 pengunjung kegiatan Harkannas 2023, yang terdiri dari balita hingga manula, di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada 19-21 November 2023.

Pada kesempatan tersebut, eFishery juga melakukan seremonial penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Direktorat Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Perjanjian kerja sama ini membahas tentang optimalisasi pemanfaatan teknologi untuk mendukung penguatan daya saing hasil perikanan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)