6 Trik Hilangkan Bau Tak Sedap pada Jengkol

Senin, 11 Desember 2023 - 05:50 WIB
loading...
6 Trik Hilangkan Bau Tak Sedap pada Jengkol
Jengkol atau jering merupakan salah satu tanaman suku polong-polongan yang dikenal juga sebagai makanannya suku Betawi. Foto/iStock
A A A
Jengkol atau jering merupakan salah satu tanaman suku polong-polongan yang dikenal juga sebagai makanannya suku Betawi. Sebab, jengkol bisa ditemui hampir di berbagai menu makanan, mulai semur hingga lalapan.

Namun, dengan rasanya yang khas, sering kali makanan satu ini kerap dihindari karena bau yang kuat. Nah, bagi yang penasaran ingin mencoba jengkol, namun ragu karena baunya yang menyengat, Anda bisa mencoba untuk mengolahnya sendiri dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Rendam dalam Air Garam

Kupas dan bersihkan jengkol dengan benar, lalu rendam dalam air garam selama beberapa jam sebelum dimasak. Garam dapat membantu mengurangi bau yang tidak diinginkan.


2. Rebus dengan Daun Salam

Masukkan daun salam saat merebus jengkol. Aroma daun salam dapat membantu menetralisir bau jengkol yang kuat.

3. Rebus dengan Daun Jeruk

Sama seperti daun salam, daun jeruk juga membantu mengurangi bau yang berlebihan dari jengkol. Disarankan agar jengkol dikupas terlebih dulu dan dipotong-potong ketika akan direbus agar baunya hilang lebih banyak.

4. Gunakan Bahan Penghilang Bau Alami

Tambahkan bahan alami seperti jahe, serai, atau lengkuas saat memasak jengkol. Bahan-bahan ini dapat memberikan aroma yang menyegarkan.

5. Rendam dalam Air Asam

Rendam jengkol dalam air asam seperti air jeruk nipis atau cuka, sebelum dimasak. Asam dapat membantu mengurangi bau amis pada jengkol.

6. Perebusan Berkali-kali

Rebus jengkol beberapa kali, gantilah air rebusan setiap kali ingin direbus ulang. Ini membantu mengurangi kadar zat yang menyebabkan bau.

Selain beberapa tips-tips di atas, pastikan juga Anda memilih jengkol dengan kualitas yang segar, bagus, dan tua.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3378 seconds (0.1#10.140)