Indonesia Masuk Lima Besar Negara dengan Masalah Stunting

Rabu, 31 Januari 2018 - 03:30 WIB
Indonesia Masuk Lima Besar Negara dengan Masalah Stunting
Indonesia Masuk Lima Besar Negara dengan Masalah Stunting
A A A
JAKARTA - Director Yasmina Foundation, Iis Istiqamah menjelaskan bahwa jumlah stunting di Indonesia masih tinggi, yaitu mencapai 36,4%. Hal ini terbukti melalui Data Global Nutrition Report 2016.

Data tersebut menyebutkan, Indonesia sebagai negara yang memiliki prevalensi angka stunting sebanyak 36,4%. Selain itu, Indonesia juga termasuk dalam lima besar negara yang menghadapi masalah stunting.

"Sangat disayangkan, di Indonesia saja stunting masih 36%. Kurang gizi ada 12%, obesitas atau kelebihan badan sekitar 2%," ujar Iis saat acara Festival Gizi Anak di Kebon Raya Bogor, Selasa (30/1/2018).

Tak hanya itu, sesuai data tersebut, sebanyak 37% anak juga mengalami prevalensi obesitas yang meningkat dari waktu ke waktu. Terkait fakta ini, Iis mengatakan diperlukan usaha berbagai pihak untuk mengatasi hal ini.

"Diperlukan pencegahan sejak hamil supaya anak bisa makan secara bervariasi. Karena pas hamil itu, apa yang dimakan ibu, anak juga bisa merasakan karena nyambung. Tapi kalau anak nggak suka sayur, orang tua nggak boleh marah. Makan harus menjadi kegiatan menyenangkan. Kalau anak cuma mau dua sendok, biarkan tapi nanti dikasih lagi. Jangan dipaksa, kalau dipaksa anak bisa tertekan," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4691 seconds (0.1#10.140)