WHO Peringatkan soal Covid-19 Varian JN.1, Desak Negara Lakukan Pengawasan Ketat

Selasa, 19 Desember 2023 - 12:50 WIB
loading...
A A A


"Bukan hanya Covid-19 yang beredar, kita menderita influenza, virus lain, dan bakteri. Di belahan dunia lain, kita memasuki bulan-bulan musim dingin, dan orang-orang mulai berkumpul untuk musim liburan," ungkapnya.

"Dan saat orang berkumpul, mereka menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, terutama jika ventilasinya buruk. Patogen yang menyebar secara efisien antara manusia dan melalui udara akan mengambil keuntungan,” lanjutnya.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa peningkatan kasus Covid-19 disebabkan oleh evolusi virus. Selain itu, 68 persen kasus di dunia saat ini disebabkan oleh varian XBB dan kelompok lain seperti JN.1 yang menyebabkan infeksi tanpa gejala.

"Covid-19 merupakan salah satu penyakit yang sedang naik daun, dan hal ini kembali disebabkan oleh beberapa faktor. Virus SARS-Cov-2 berkembang, berubah, dan beredar di semua negara,” ujarnya.



"Di beberapa negara, kami memiliki sublineage XBB ini, dan mereka mewakili sekitar 68 persen dari rangkaian yang dibagikan secara global. Pengelompokan lainnya adalah BA.2.86, terutama JN.1 yang menyebabkan spektrum penuh, mulai dari infeksi tanpa gejala. Hingga penyakit parah dan kematian, mirip dengan apa yang telah kita lihat pada sublineage Omicron lainnya," imbuhnya.

Karean itu, WHO mendesak negara-negara untuk melanjutkan pengawasan yang ketat dan berbagi urutan penyakit. Dia juga menyarankan masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dan jika terjadi infeksi, segera lakukan perawatan medis.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)