Idap Tumor Jinak, Mpok Atiek Sempat Alami Sulit Buang Air Besar

Senin, 01 Januari 2024 - 13:15 WIB
loading...
Idap Tumor Jinak, Mpok Atiek Sempat Alami Sulit Buang Air Besar
Mpok Atiek dikabarkan mengidap tumor jinak. Sebelum divonis mengidap penyakit tersebut, artis senior ini mengaku mengalami beberapa gejala tidak nyaman. Foto/Instagram Mpok Atiek
A A A
JAKARTA - Mpok Atiek dikabarkan mengidap tumor jinak. Sebelum divonis mengidap penyakit tersebut, artis senior ini mengaku mengalami beberapa gejala yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Mpok Atiek baru mengetahui mengidap tumor jinak pada Juni 2023. Berdasarkan hasil pemeriksaan, tumor tersebut bersarang pada ususnya.

Kondisi ini membuat artis 67 tahun tersebut merasakan sakit di bagian perut. Selain itu, Mpok Atiek juga mengeluhkan pencernaannya tidak lancar hingga sulit buang air besar (BAB).

"Bukan tumor jinak. Apa sih namanya? Polip. Jangan cerita gitu jadi serem," kata Mpok Atiek saat menjadi bintang tamu dalam salah satu acara televisi dikutip Senin (1/1/2024).



"Waktu itu bulan Juni, ada perut nggak enak terus setiap hari. Maaf, BAB nggak lancar bisa 3 hari, 4 hari," sambungnya.

Para dokter ahli yang menanganinya pun mengharuskan pemilik nama asli Atiek Riwayati tersebut untuk menjalani pemeriksaan. Mulai dari endoskopi dan kolonoskopi, yang mana kemudian diketahui bahwa ada polip pada ususnya.

"Akhirnya periksa ke dokter internis, singkat cerita dokter internis dirujuk ke gastro (dokter gastroenterologi) harus di endoskopi sama kolonoskopi. Banyak banget polipnya di usus," jelasnya.

Beruntung, polip yang bersarang di perut bintang film Pocong Minta Kawin tersebut sudah dibersihkan. Namun, ada satu polip yang besar seukuran bakso dan sudah bersarang di perutnya.



Menurut Mpok Atiek, polip tersebut ada kemungkinan berubah dari jinak jadi ganas. Karena itu, sebelum menjadi ganas, dokter menyarankan sang artis untuk segera menjalani operasi pengangkatan.

"Sudah diambil semuanya. Ada satu yang besar kayak bakso, sudah berakar, tapi katanya jinak menjelang ke ganas. Sebelum ganas harus diangkat lewat perut," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)