9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Diet

Senin, 15 Januari 2024 - 07:00 WIB
loading...
A A A

3. Makan Banyak Protein


Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori. Hal ini terjadi karena protein memengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan glukagon-like peptida-1 (GLP-1).

Menurut sebuah penelitian pada 105 orang, mereka yang lebih patuh terhadap diet tinggi protein kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak dibandingkan mereka yang mengikuti diet protein standar.

4. Siapkan Lebih Banyak Makanan di Rumah


Memasak makanan sendiri di rumah adalah cara yang bagus untuk memasukkan lebih banyak makanan bergizi ke dalam diet. Ini juga membantu mendorong pembakaran lemak.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang menyiapkan lebih banyak makanan di rumah cenderung mengalami kenaikan berat badan lebih sedikit dibandingkan mereka yang rutin makan di luar atau mengonsumsi makanan siap saji. Studi 2017 menemukan perencanaan makan dikaitkan dengan peningkatan kualitas pola makan dan penurunan risiko obesitas.

9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Diet

Foto/Infografis SINDOnews



5. Makan Makanan Kaya Serat


Mengonsumsi makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu Anda kenyang lebih lama. Studi juga menunjukkan bahwa satu jenis serat, serat kental, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Ini meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan.

Serat kental membentuk gel ketika bersentuhan dengan air. Gel ini meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat pengosongan perut. Serat kental hanya ditemukan pada makanan nabati. Contohnya termasuk kacang-kacangan, sereal oat, kubis Brussel, asparagus, jeruk, dan biji rami.

6. Minum Air Secara Teratur


Minum air dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika meminumnya sebelum makan. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air sebelum makan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, tanpa mempengaruhi rasa kenyang secara signifikan.

Studi lain menunjukkan bahwa minum 1 liter air sebelum makan menurunkan asupan kalori dan rasa lapar sekaligus meningkatkan rasa kenyang dan kepuasan. Jika Anda mengganti minuman berkalori tinggi seperti soda atau jus dengan air, bisa memberikan efek yang lebih besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2569 seconds (0.1#10.140)