9 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dan Diet

Senin, 15 Januari 2024 - 07:00 WIB
loading...
A A A

7. Makan Tanpa Gangguan Elektronik


Memperhatikan apa yang Anda makan dapat membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori. Orang yang makan sambil menonton TV atau bermain game komputer akan lupa berapa banyak yang telah mereka makan. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan makan berlebihan.

Sebuah tinjauan pada 2013 terhadap 24 penelitian menemukan bahwa orang-orang yang perhatiannya terganggu saat makan, makan sekitar 10 persen lebih banyak saat duduk.

8. Tidur Nyenyak dan Hindari Stres


Dalam hal kesehatan, orang sering mengabaikan tidur dan stres. Faktanya, keduanya memiliki efek kuat pada nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan, leptin dan ghrelin. Hormon lain, kortisol, meningkat saat stres.

Fluktuasi hormon-hormon ini dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan, sehingga menyebabkan asupan kalori lebih tinggi. Terlebih lagi, kurang tidur kronis dan stres dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas.

9. Hilangkan Minuman Manis


Konsumsi tinggi minuman manis, seperti soda, telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2 yang lebih tinggi. Sangat mudah untuk mengonsumsi kelebihan kalori dari minuman manis karena kalori cair tidak memengaruhi rasa kenyang seperti halnya makanan padat.

Mengurangi asupan minuman manis berhubungan dengan penurunan berat badan. Menurut sebuah meta-analisis, mengganti minuman manis dengan minuman manis rendah kalori atau tanpa kalori dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan, BMI, dan persentase lemak tubuh.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)