Studi: Puasa Setiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan hingga Bikin Suasana Hati Lebih Baik

Jum'at, 19 Januari 2024 - 09:31 WIB
loading...
A A A
“Studi ini menambah semakin banyak bukti yang menunjukkan pentingnya cara Anda makan. Dampak makanan terhadap kesehatan bukan hanya pada apa yang Anda makan tetapi juga waktu di mana Anda memilih untuk mengonsumsi makanan tersebut, dan jendela makan adalah perilaku diet penting yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Temuan menunjukkan bahwa kita tidak perlu makan sepanjang waktu. Banyak orang akan merasa kenyang dan bahkan menurunkan berat badan jika mereka membatasi makanannya hingga sepuluh jam,” tutur Dr. Berry.

Penelitian terbaru di AS mendukung temuan penelitian di Inggris. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) menegaskan manfaat dari waktu makan yang terbatas, menunjukkan bahwa menghitung kalori dalam jangka waktu terbatas lebih efektif daripada menghitung kalori saja.

Studi lain di jurnal Nutrients menunjukkan bahwa memulai waktu makan sebelum jam 11 pagi menghasilkan manfaat kesehatan yang lebih besar dan penurunan berat badan yang lebih banyak dibandingkan waktu makan berikutnya.



Yang penting, tidak satu pun dari penelitian ini menganjurkan untuk mengurangi makanan tertentu, meski menjaga pola makan yang sehat dan seimbang selalu dianjurkan dan penyedia layanan kesehatan harus dihubungi sebelum melakukan perubahan pola makan apa pun.

Bagi mereka yang terbiasa ngemil sepanjang hari, membatasi waktu makan mungkin memberikan manfaat yang lebih besar, menurut hasil penelitian. Dan, jangan khawatir Anda tidak akan bisa mempertahankannya.

Meski puasa 14 jam terdengar seperti waktu yang lama, sebagian besar waktu puasa Anda akan dihabiskan untuk tidur.

Misalnya, jika sarapan dikonsumsi pada jam 9 pagi, maka selesaikan jendela makan pada jam 7 malam. memungkinkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Dan Anda mungkin menemukan, seperti para peserta penelitian, bahwa ini adalah cara makan tanpa rasa sakit yang meningkatkan energi Anda dan membuat Anda tidak menginginkan camilan sebelum tidur.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)