Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Melakukan Pengukuran Tekanan Darah

Rabu, 08 Agustus 2018 - 13:38 WIB
Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Melakukan Pengukuran Tekanan Darah
Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Melakukan Pengukuran Tekanan Darah
A A A
JAKARTA - Mengukur tekanan darah bukanlah perkara mudah. Pasalnya, banyak hal yang harus diperhatikan. Diantaranya makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi sebelum mengukur tekanan darah.

"Hindari minum kopi, alkohol, kafein, rokok 15—30 menit sebelum diukur tekanan darahnya. Tidak mengonsumsi obat-obatan," ujar Ketua Indonesian Society of Hypertension (InaSH), dr Tunggul D. Situmorang SpPD-KGH saat acara Omron Healthcare Indonesia dan Indonesian Society of Hypertension.

Selain asupan yang dikonsumsi, perhatikan juga pakaian yang dikenakan. Di mana pasien disarankan tidak mengenakan pakaian yang ketat melainkan nyaman. Sebelum melakukan pemeriksaan, sebaiknya pasien beristirahat terlebih dahulu minimal selama 5 menit.

Selanjutnya, pemeriksaan tekanan darah harus dilakukan dalam posisi keadaan duduk atau tidur. Dalam hal ini, dr Tunggul menyarankan agar pasien tidak melihat alat pemeriksa tekanan darah dan berbicara. Tanpa disadari, hal ini akan mempengaruhi tekanan darah.

"Orang Indonesia lebih suka saat tidur. Sedangkan, saat duduk sebaiknya kaki menyentuh tanah dan tidak menyilang. Sebaiknya dalam posisi duduk bersandar, posisi lengan atas sejajar dada dengan pemasangan kain lengan tang tepat di lengan atas. Kain harus disesuikan untuk yang gemuk dan kurus," papar dia.

Sedangkan pengukuran tekanan darah dapat dilakukan baik di tangan kanan dan tangan kiri. "Akan berbeda keduanya. Tetapi kalau perbedaan sampai 10 mmHg, sebaiknya diperiksa juga pada bagian lain seperti kedua kaki untuk melihat apakah kemungkinan terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga lebih tinggi," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4237 seconds (0.1#10.140)