5 Tips agar Tubuh Tidak 'Kaget' Jelang Ibadah Puasa Ramadan

Senin, 04 Maret 2024 - 04:04 WIB
loading...
5 Tips agar Tubuh Tidak Kaget Jelang Ibadah Puasa Ramadan
Persiapan fisik dan mental sangat penting dilakukan menjelang puasa Ramadan agar dapat menjalankannya dengan baik dan lancar. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Di bulan suci tersebut, umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan dan minum mulai fajar hingga maghrib selama 30 hari penuh.

Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan ataupun cairan selama setengah hari lebih. Di samping itu, tubuh pasti akan mengalami penyesuaian-penyesuaian di hari-hari pertama puasa. Karena itu, persiapan fisik dan mental sangat penting dilakukan menjelang puasa Ramadan agar dapat menjalankannya dengan baik dan lancar.

Berikut adalah beberapa tips mempersiapkan tubuh untuk menghadapi bulan puasa agar tidak ‘kaget’, yang dilansir dari berbagai sumber, Senin (4/2/2024).


1. Memperbanyak Minum Air Putih

Sebelum memasuki bulan puasa, sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, konsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan haus saat berpuasa.

2. Makan Sedikit tapi Sehat

Beberapa hari menjelang Ramadan, biasanya kita berpikir untuk makan apa pun yang diinginkan. Asumsinya, mumpung belum Ramadan, maka harus makan sepuas-puasnya.

Perilaku seperti ini malah akan meningkatkan nafsu makan dan membuat puasa lebih sulit. Seharusnya, menjelang puasa kita justru mengurangi porsi makan agar tubuh terbiasa dengan makanan dan kalori yang lebih sedikit.

Hindari makanan berat, garam, dan gula yang memicu reaksi yang tidak diinginkan dalam tubuh.

3. Tidur Teratur

Selama Ramadan, gaya hidup pasti akan banyak berubah termasuk soal pola tidur. Jadi, kita harus merencanakan pola tidur untuk Ramadan sesuai dengan jadwal aktivitas.

Misalnya, memilih untuk tidur lebih awal dari biasanya, dan bangun untuk sahur. Kemudian, menjalani aktivitas sehari-hari dan tidur sebentar pada siang hari.


4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayuran sangat baik dikonsumsi sebelum memasuki bulan puasa. Selain membantu melancarkan pencernaan, konsumsi buah dan sayuran juga dapat memberikan energi yang cukup untuk tubuh saat berpuasa.

5. Memperbanyak Istirahat

Sebelum memasuki bulan puasa, pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Kurangi aktivitas yang membebani tubuh, dan beristirahatlah dengan cukup agar tubuh lebih siap menghadapi tantangan saat berpuasa.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)