6 Penyakit yang Umum Menyerang Wanita dan Gejalanya

Sabtu, 09 Maret 2024 - 17:30 WIB
loading...
A A A
Gejalanya bervariasi, namun seringkali berupa perasaan sedih, cemas, mudah tersinggung, perubahan nafsu makan atau pola tidur yang terus-menerus, dan kehilangan minat dalam beraktivitas.

Mencari dukungan tepat waktu dari profesional kesehatan mental, terlibat dalam aktivitas perawatan diri, membangun jaringan dukungan yang kuat, dan mempraktikkan teknik manajemen stres sangat penting untuk mengelola dan mencegah gangguan depresi dan kecemasan pada wanita.

6. Penyakit Autoimun


Penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis, lupus, dan multiple sclerosis, terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel dan jaringan sehat. Wanita lebih rentan terhadap penyakit autoimun, di mana faktor hormonal, kecenderungan genetik, dan pemicu lingkungan memainkan peran penting.

Gejala bervariasi tergantung pada kondisi spesifiknya, tetapi termasuk kelelahan, nyeri sendi, ruam kulit, dan disfungsi organ. Meskipun penyakit autoimun sering kali bersifat kronis dan sulit ditangani, diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu meringankan gejala dan mencegah komplikasi.

Menerapkan gaya hidup sehat, mengelola stres, dan menghindari pemicu yang diketahui juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit autoimun.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6253 seconds (0.1#10.140)